PMI Kota Sukabumi Ajak Warga Untuk Aktif Terlibat Dalam Informasi Kebencanaan

Palang Merah Indonesia (PMI) mendorong masyarakat untuk ikut aktif memanfaatkan berbagai pendekatan untuk mendapatkan informasi terkait kebencanaan. Salah satunya melalui kegiatan sosialisasi dan Pelaporan bencana Gempabumi via Media Sosial yang diadakan oleh Yayasan Peta Bencana dan Palang Merah Indonesia (PMI), pada hari Kamis, 19 November 2020, bertempat di Ruang aula PMI Kota Sukabumi. Kegiatan sosialisasi dan pelatihan ini, merupakan bagian dari Program Kesiapsiagaan Gempa Bumi di Indonesia melalui dukungan PMI Pusat, Palang Merah Amerika (Amcross), USAID yang didukung oleh Yayasan Peta Bencana.

Pada sosialisasi yang digelar selama dua hari mulai 19 hingga 20 November 2020, diikuti para peserta yang berasal dari Pelajar, Mahasiswa dan Mapala, Relawan PMI, unsur Media, serta lembaga organisasi penggiat kebencanaan di Kota Sukabumi. Selain itu dihadiri juga oleh BPBD, Dinas Sosial dan Dinas PUPRP-KPP Kota Sukabumi.

Sementara itu  Project Manager Petabencana. id,  Adhitya Yusuf, menjelaskan, laporan PetaBencana.id bisa dikirimkan dan diakses di seluruh wilayah Indonesia.  Warga bisa mengirimkan laporan bencana via media sosial dengan men-twit @petabencana, mengirim pesan Facebook ke @petabencana, atau mengirim pesan Telegram ke @bencanabot .

Ketua PMI Kota Sukabumi, Suranto Sumowiryo, menjelaskan saat ini warga sudah bisa berbagi informasi bencana, hanya dengan menggunakan aplikasi media sosial dan langsung dapat diakses secara real-time. Dalam kesempatan tersebut, Dijelaskan pula bahwa untuk penyusunan SOP Kesiapsiagaan Bencana wilayah Kelurahan Baros kini telah rampung dan saat ini tengah dikerjakan SOP tingkat Kota.

Leave a Reply