MENJAWAB TANTANGAN ZAMAN FKDT GELAR PELATIHAN FOLLOW THE LINE

Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kota Sukabumi menyelenggarakan pelatihan Follow The Line (Iqro Bil Qolam) bagi para Guru Madrasah Diniyyah Takmiliyyah Awaliyah, Selasa, 24 November 2020 bertempat di Madrasah Diniyyah Al Mahmudah Kelurahan Jayamekar Kecamatan Baros Kota Sukabumi.

Acara Pelatihan ini dibuka secara resmi oleh Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi. Hadir pada kesempatan tersebut perwakilan dari Kementerian Agama Kota Sukabumi dan tamu undangan lainya.

Wali Kota Sukabumi dalam kesempatan tersebut menandaskan, pola pendidikan yang dilaksanakan di Madrasah Diniyyah mampu menjawab tantangan yang ada saat ini. Madrasah diniyah mempunyai peran yang sangat  kuat dalam konteks mendidik para santrinya. Kegiatan ini merupakan sinkronisasi dari perubahan kurikulum yang berlaku sekarang. Wali Kota atas nama Pemerintah Kota Sukabumi mengucapkan rasa terima kasih terhadap peran FKDK dalam pembentukan karakter para santri.

Sementara itu, ketua FKDT Kota Sukabumi, Bukhori Muslim menjelaskan, bahwa pelatihan ini dikhususkan bagi guru kelas 1 MD se-kota Sukabumi. Kegiatan ini juga merupakan implementasi kurikulum baru bagi MD yang dititikberatkan pada Al-Quran. Sehingga nantinya para santri dapat lebih lancar membaca Al-Qur’an saat menginjak kelas yang lebih tinggi.

Dijelaskannya, kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari karena dilaksanakan pada masa pandemi sehingga dibagi dalam beberapa kelompok untuk menghindari kerumunan. Kegiatan ini juga menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Dari kegiatan ini diharapkan para guru kelas 1 dan kelas 2 memiliki pemahaman dan bahan ajar yang kelak menjadi bekal para santri dalam penguatan menulis Al-Quran.

Leave a Reply