KONSISTENSI STMIK NUSA MANDIRI SUKABUMI DALAM MEMBEKALI ILMU BERWIRAUSAHA BAGI PARA MAHASISWANYA

Reporter : ENDANG SUMARDI

Kepala Kampus STMIK (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer) Nusa Mandiri Sukabumi, Taufik Hidayatulloh, M.Kom. menandaskan, upaya menanamkan jiwa wirausaha adalah sebuah tantangan yang harus ditempuh oleh setiap pribadi, tidak terkecuali dengan dunia pendidikan. Maksud dan tujuannya, supaya setiap mahasiswa mempunyai kemampuan yang matang dan siap terjun ke dalam dunia kerja, diantaranya dengan dibekali pengetahuan dan jiwa wirausaha. Hal ini akan sangat berpengaruh, khususnya dalam upaya menopang kehidupan di masa yang akan datang. Karena kehidupan tidak harus selamanya bekerja dan bekerja, tapi bisa dengan cara berwirausaha.

Ditandaskan pula, STMIK Nusa Mandiri, adalah salah satu Perguruan Tinggi yang senantiasa berperan aktif dalam membentuk para pengusaha muda di Indonesia. Berkaian dengan hal tersebut, untuk kesekian kalinya Kampus STMIK Nusa Mandiri Sukabumi mengadakan kegiatan Entrepreneur Fair, tepatnya pada tanggal 17 Mei 2017, yang dimulai dari pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai, serta diikuti oleh para pengusaha muda, yang sebagian besar merupakan Mahasiswa STMIK Nusa Mandiri Sukabumi.

Kepala Kampus STMIK Nusa Mandiri Sukabumi menjelaskan, dalam kegiatan ini, setiap mahasiswa dituntut untuk lebih menonjolkan kualitas produk yang dijual, serta tidak terlepas dari aspek kreatifitas dan inovatif, supaya hasilnya sangat baik. Sebab sebagian besar mahasiswa, baru dapat membuat produk-produk yang terbilang tradisional, namun dapat dikemas dan disulap menjadi lebih modern. Untuk itu, setiap produk dari masing-masing peserta, dilakukan penilaian oleh Dewan Juri, yang terdiri dari para Dosen STMIK Nusa Mandiri Sukabumi, yang sudah berpengalaman di bidangnya masing-masing.

Disamping itu juga dijelaskan, untuk meramaikan dan menyemarakkan kegiatan ini, dilakukan wawancara terhadap setiap peserta, dan setiap peserta harus menyampaikan argumentasi, terkait motivasi, kendala dan manfaat yang didapat dari kegiatan usahanya masing-masing. Dalam pada itu, salah seorang peserta menjelaskan, untuk menjadi seorang pengusaha, harus berani mencoba serta jangan merasa gengsi dan jangan takut gagal.

Selain itu, Kepala Kampus STMIK Nusa Mandiri Sukabumi mengharapkan, dengan diadakannya kegiatan ini secara rutin, dapat bermunculan bibit-bibit pengusaha muda yang kreatif dan inovatif, yang dapat membuka lapangan pekerjaan bagi warga masyarakat, untuk mengurangi angka pengangguran, khususnya di Kota dan Kabupaten Sukabumi, umumnya di Indonesia.

Leave a Reply