Pemerintah Kota Sukabumi Bantu IKM, Fasilitasi Pendaftaran Hak Merek

Dinas Koperasi UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kota Sukabumi menyelenggarakan sosialisasi HAKI (Hak Kekayaan Intelektual) dan fasilitasi Hak Merek, pada hari Senin, 7 Desember 2020, di  Hotel Anugrah Kota Sukabumi. Acara ini dibuka oleh Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, serta dihadiri oleh narasumber dari Dirjen HKI Kementerian Hukum dan HAM.

Kepala Dinas Koperasi UKM, Perdagangan dan Perindustrian, Ayi Jamiat, mengatakan tujuan dilaksanakannya sosialisasi HAKI ini adalah agar pelaku IKM di Kota Sukabumi mematenkan merek produk mereka  untuk menghindari plagiarisme produk. Pada kegiatan yang diikuti oleh 15 IKM ini, dijelaskan pula bahwa Pemerintah Kota Sukabumi melalui APBD memfasilitasi proses pendaftaran Hak Merek untuk 15 IKM tersebut.

 Sedangkan Wali Kota Sukabumi ketika membuka jalannya sosialisasi menyatakan bahwa seiring dengan perkembangan jaman, pemasaran suatu produk tidak sesederhana sebelumnya. Agar menarik perhatian konsumen, produk harus memiliki pengemasan yang baik. Selain itu para IKM pun saat ini, harus memenuhi perizinan salah satunya memiliki hak merek, selain untuk memenuhi ketentuan, disisi lain juga untuk memperluas jangkauan pemasaran.

Ia mengharapkan para IKM memanfaatkan kesempatan ini dengan baik, karena juga merupakan bagian dari pemulihan ekonomi dalam penanggulangan dampak pandemi covid – 19.

Leave a Reply