STOK BERAS DI GUDANG DOLOG SUKABUMI DIJAMIN AMAN HINGGA AKHIR BULAN AGUSTUS 2017 MENDATANG

Reporter : ENDANG SUMARDI

Seperti diungkapkan Kepala Gudang Dolog Sukabumi Perum Bulog Sub Divre Cianjur Daerah Jawa Barat, Aep Saefuloh, stok beras di Gudang Dolog Sukabumi, dijamin aman serta dapat memenuhi kebutuhan warga masyarakat Kota dan Kabupaten Sukabumi, hingga akhir bulan Agustus 2017 mendatang, atau hingga 3 bulan ke depan. Bahkan untuk beras jenis Rastra (Beras Sejahtera), dapat memenuhi kebutuhan hingga akhir tahun 2017 ini. Sebab saat ini, stok beras yang ada di Gudang Dolog Sukabumi mencapai 3.200 ton, yang terdiri dari 600 ton beras jenis premium dan 2.600 ton beras jenis Rastra, untuk didistribusikan ke wilayah Kota dan Kabupaten Sukabumi. Diungkapkan pula, pasokan beras terbanyak ke Gudang Dolog Sukabumi, diantaranya dari sejumlah daerah Jawa Barat, yakni dari daerah Karawang, Subang dan Cirebon. Untuk itu, Kepala Gudang Dolog Sukabumi, menghimbau kepada segenap lapisan warga masyaraklat Kota dan Kabupaten Sukabumi, agar jangan merasa khawatir terjadi kekurangan beras di wilayah Kota dan Kabupaten Sukabumi. Karena kebutuhan beras di Kota dan Kabupaten Sukabumi, dipastikan dan dijamin dapat memenuhi kebutuhan hingga akhir bulan Agustus 2017 mendatang.

Dikatakannya, harga beras di pasar tradisional di Kota dan Sukabumi, menurut informasi ada kenaikan. Namun hal tersebut, tidak mempengaruhi terhadap keberadaan stok dan harga beras yang ada di Gudang Dolog Sukabumi. Dikatakan pula, adanya kenaikan harga beras di pasar tradisional di Kota dan Sukabumi ini, besar kemungkinan diakibatkan oleh banyaknya permintaan dari warga masyarakat, khususnya pada saat menjelang bulan Ramadhan Tahun 1438 Hijriyah, serta akibat dari terjadinya kekeringan yang melanda setiap daerah di Jawa Barat, yang mengakibatkan adanya penurunan panen padi hingga 70 persen. Namun demikian, pihak Gudang Dolog Sukabumi menjamin stok beras yang ada saat ini dapat memenuhi kebutuhan warga masyarakat Kota dan Kabupaten Sukabumi hingga 3 bulan ke depan, serta kualitasnya dijamin baik dan aman.

Dikatakan pula, apabila ada masalah pasokan beras ke Gudang Dolog Sukabumi, pihaknya sudah menjalin kerja sama dengan Perum Bulog Daerah Jawa Barat, sehingga pasokan beras ke Gudang Dolog Sukabumi, bisa disuplai dari daerah lain di Jawa Barat, seperti daerah Cirebon, Indramayu dan Subang. Namun hingga saat ini, stok beras yang ada di Gudang Dolog Sukabumi, dijamin masih aman serta dapat memenuhi kebutuhan warga masyarakat Kota dan Kabupaten Sukabumi, hinggal akhir bulan Agustus 2017 mendatang. Selain itu juga dikatakan, Tupoksi (Tugas Pokok dan Fungsi) Gudang Dolog Sukabumi Perum Bulog Sub Divre Cianjur Daerah Jawa Barat, yakni menerima, menyimpan, merawat dan menyalurkan beras, baik beras jenis premium maupun beras jenis Rastra, ke 7 wilayah kecamatan se Kota Sukabumi dan 47 kecamatan se Kabupaten Sukabumi.