REALISASI INVESTASI PMDN DI KOTA SUKABUMI BARU MENCAPAI RP. 252,270 MILYAR

Reporter : ENDANG SUMARDI

Kepala Bidang Penanaman Modal DPM-PTSP (Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu) Kota Sukabumi, Endang Toib, S.IP. mengungkapkan, realisasi investasi PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri) di Kota Sukabumi, hingga Triwulan Pertama Tahun 2017 baru mencapai Rp. 252,270 milyar. Adapun jumlah invetasi tersebut, berasal dari 38 jenis investasi baru, melalui pendaftaran secara spipise atau online yakni mencapai Rp. 239,055 milyar, dan melalui non spipise atau yang diterbitkan secara langung oleh DPM-PTSP Kota Sukabumi mencapai Rp. 13,215 milyar.

Diungkapkan pula, seluruh investasi yang tergolong baru pada tahun 2017 ini, merupakan investasi jasa perdagangan dan properti. Karena Kota Sukabumi memprioritaskan jasa perdagangan, serta tidak dapat menerima investasi yang terkonsentrasi pada bidang industri. Hal tersebut sesuai dengan Visi Pembangunan Kota Sukabumi Tahun 2005-2025, yakni Terwujudnya Kota Sukabumi, Sebagai Pusat Pelayanan Berkualitas Bidang Pendidikan, Kesehatan dan Perdagangan di Jawa Barat, Berlandaskan Iman dan Taqwa.

Kepala Bidang Penanaman Modal DPM-PTSP Kota Sukabumi mengatakan, Kota Sukabumi hingga saat ini masih tetap konsisten dalam menerima investasi, sesuai dengan luas lahan dan wilayah Kota Sukabumi yang dimiliki, serta hanya menerima investasi industri non polutan dari sektor industri pengolahan produk yang berskala kecil dan menengah, seperti industri yang bergerak dalam sektor pengolahan makanan dan minuman, kayu olahan, kerajinan tangan serta UKM (Usaha Kecil dan Menengah).

Dikatakan pula, untuk meningkatkan investasi di Kota Sukabumi, pihak Bidang Penanaman Modal DPM-PTSP Kota Sukabumi, senantiasa berupaya optimal memberikan pelayanan dan kemudahan kepada pelaku usaha dan investor, yang akan menanamkan modalnya di Kota Sukabumi, karena dapat menciptakan lapangan kerja baru, serta dapat menyerap tenaga kerja baru.

Selain itu juga dikatakan, dalam memberikan pelayanan dan kemudahan kepada pelaku usaha dan investor yang akan menanamkan modalnya di Kota Sukabumi, pihak Bidang Penanaman Modal DPM-PTSP Kota Sukabumi, tidak hanya berpikir masalah adminsitrasi saja, akan tetapi juga berpikir masalah terbukanya lapangan kerja serta terserapnya tenaga kerja baru di Kota Sukabumi.

Menyinggung investasi PMA (Penanaman Modal Asing) di Kota Sukabumi, seperti dijelaskan Kepala Bidang Penanaman Modal DPM-PTSP Kota Sukabumi, sejak tahun lalu hingga Triwulan Pertama Tahun 2017 ini masih nihil alias masih kosong, belum ada satu jenis pun investasi. Padahal upaya publikasi dan promosi berbagai peluang dan potensi yang dimiliki Kota Sukabumi, senantiasa dilakukan secara gencar, baik secara langsung maupun melalui media cetak dan elektronik serta Medsos (Media Sosial) dan sebagainya.