BIDANG BINA MARGA DINAS PERHUBUNGAN KOTA SUKABUMI SENANTIASA MELAKUKAN PEMELIHARAAN TERHADAP DRAINASE

Reporter : ENDANG SUMARDI

Bidang Bina Marga Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, senantiasa berupaya optimal melakukan pemeliharaan dan perbaikan terhadap drainase atau aliran air, di sejumlah ruas jalan di Kota Sukabumi. Karena seperti dijelaskan Kepala Bidang Bina Marga Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Novian Restiadi, AMd.LLAJ., S.IP., buruknya drainase dapat mempengaruhi terhadap kerusakan badan jalan, terutama pada setiap terjadi turun hujan, karena air yang tumpah ke badan jalan senantiasa dibarengi dengan material pasir dan batu. Seperti drainase yang ada di ruas Jalan Nyomplong, kondisinya bebar-benar tidak baik, sehingga dapat mempengaruhi dan mempercepat kerusakan badan jalan, terutama pada setiap selesai turun hujan.

Dijelaskan pula, akibat buruknya kondisi drainase, hasil dari proses perbaikan, pemeliharaan dan peningkatan jalan, tidak akan dapat bertahan lama. Untuk itu, agar hasil dari proses perbaikan, pemeliharaan dan peningkatan jalan ini dapat bertahan lama, di tepi kiri dan kanan setiap ruas jalan, harus disediakan jaringan drainase yang baik dan memadai. Maksud dan tujuannya, supaya pada setiap terjadi turun hujan, air tidak tumpah ke badan jalan. Berkaitan dengan hal tersebut, pihak Bidang Bina Marga Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, sedang mengupayakan dan mencari solusi terbaik, khususnya dalam melakukan pemeliharaan dan perbaikan terhadap drainase di sejumlah ruas jalan di Kota Sukabumi, karena banyak kendala yang dihadapi.

Adapun salah satu kendala yang paling berat dihadapi oleh pihak Bidang Bina Marga Dinas Perhubungan Kota Sukabumi ini, yakni harus membayar ganti rugi, terhadap tanah milik masyarakat yang dijadikan proyek pelabaran jalan untuk pembangunan drainase. Berkaitan dengan hal tersebut, untuk mewujudkan pelebaran jalan serta memelihara dan memperbaiki drainase di sejumlah ruas jalan di Kota Sukabumi ini, membutuhkan dana yang sangat besar, khususnya untuk biaya pembebasan tanah milik masyarakat.

Untuk itu, pihak Bidang Bina Marga Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, telah menyusun proyeksi kebutuhan dana, untuk biaya pemeliharaan dan perbaikan terhadap drainase, di sejumlah ruas jalan di Kota Sukabumi, temasuk di Jalan Nyomplong. Diharapkannya, dengan dilaksanakannya pemeliharaan dan perbaikan terhadap drainase di sejumlah ruas jalan di Kota Sukabumi ini, dapat menjaga dan memelihara kondisi sekaligus meningkatkan daya tahan badan jalan, khususnya di Kota Sukabumi.