PEMERINTAH KOTA SUKABUMI BERHASIL KEMBALI MERAIH PREDIKAT OPINI WTP UNTUK KETIGA KALINYA

Reporter : ENDANG SUMARDI

Pemerintah Kota Sukabumi, berhasil kembali meraih Predikat Opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian), untuk ketiga kalinya secara berturut-turut, dari BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) RI. Sedangkan Predikat Opini WTP tersebut, diketahui melalui LHP (Laporan Hasil Pemeriksaan) Tahun 2016, yang diserahkan oleh Kepala BPK RI Perwakilan Propinsi Jawa Barat, Arman Syifa, S.ST., M.Acc., Ak., kepada Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., tepatnya pada tanggal 5 Juni 2017, di Aula Kantor BPK Perwakilan Propinsi Jawa Barat, Jalan Mochamad Toha Pelindung Hewan, Astanaanyar, Kota Bandung.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRD Kota Sukabumi, Yunus Suhandi, S.IP., Inspektur Kota Sukabumi, Rudi Juhayat, S.H., Kepala BPKD (Badan Pengelolaan Keuangan Daerah) Kota Sukabumi, Drs. H. Dida Sembada, M.M., Sekretaris DPRD Kota Sukabumi, Asep L. Sukmana, S.H., M.Si., serta Kepala dan unsur Pimpinan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) lainnya, di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi.

Usai menerima LHP Tahun 2016 dari BPK RI, Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M. menjelaskan, keberhasilan Pemerintah Kota Sukabumi meraih Predikat Opini WTP untuk ketiga kalinya secara berturut-turut dari BPK RI ini, merupakan hasil kerja keras dan upaya yang maksimal semua pihak, khususnya seluruh aparat SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi dan DPRD Kota Sukabumi.

Untuk itu, Walikota Sukabumi mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh aparat SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi dan DPRD Kota Sukabumi, yang telah berupaya optimal menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya, khususnya dalam melakukan pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan.

Namun demikian, Walikota Sukabumi meminta kepada seluruh aparat SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi dan DPRD Kota Sukabumi, agar jangan merasa puas atas diraihnya kembali Predikat Opini WTP tersebut, tapi harus dijadikan pemicu dan motivasi, khususnya dalam meningkatkan pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan ke arah yang lebih baik lagi.

Dijelaskan pula, sebagai orang yang paling bertanggungjawab dalam penggunaan keuangan di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, Walikota Sukabumi menyatakan merasa bangga dan gembira, atas diraihnya kembali Predikat Opini WTP tersebut. Karena pada Tahun Anggaran 2016 yang lalu, Pengelolaan Keuangan di internal Pemerintah Kota Sukabumi, diperiksa oleh dua lembaga, yakni BPK RI dan Kantor Akuntan Publik, yang menjadikan Pemerintah Kota Sukabumi sebagai pilot projek, serta merupakan satu-satunya daerah di Jawa Barat, yang diperiksa oleh dua lembaga secara bersamaan, dan hasilnya sangat baik.

Dalam pada itu, Ketua DPRD Kota Sukabumi, Yunus Suhandi, S.IP. mengatakan, atas nama seluruh Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Sukabumi, sangat mengapresiasi atas diraihnya kembali Predikat Opini WTP oleh Pemerintah Kota Sukabumi, untuk ketiga kalinya secara berturut-turut dari BPK RI. Karena dengan demikian, secara kasat mata, proses pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan di internal Pemerintah Kota Sukabumi sudah sangat baik.

Selain itu, Ketua DPRD Kota Sukabumi juga menyatakan merasa bangga dan gembira atas diraihnya kembali Predikat Opini WTP tersebut, seraya mengharapkan, agar prestasi tersebut senantiasa ditingkatkan dan dikembangkan, supaya bisa lebih baik lagi, khususnya dalam melakukan pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan, khususnya di internal Pemerintah Kota Sukabumi.