PMI Optimalkan Peran Relawan Dalam Penanggulangan Covid – 19

Palang Merah Indonesia (PMI) mengoptimalkan peran relawannya dalam upaya pencegahan covid – 19 dimasyarakat, melalui program penguatan respon covid – 19.

Ketua PMI Kota Sukabumi, Suranto Sumowiryo menjelaskan bahwa Program Penguatan Respon COVID-19, melibatkan relawan di tingkat Kelurahan sebagai upaya optimalisasi peran aktif relawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT). Dijelaskan pula bahwa program ini mendapatkan dukungan dari USAID, Federasi Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (IFRC), dan PMI Pusat.

Dalam program ini berbagai kegiatan akan dilakukan seperti sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), baik secara langsung dengan melalukan kunjungan dari rumah ke rumah maupun melalui media promosi KIE.  Selain itu juga para relawan SIBAT juga akan melalukan penyemprotan disinfektan secara rutin di lingkungannya, distribusi tempat cuci tangan portable (wastafel), dan menyalurkan paket bantuan PHBS untuk masyarakat yang terpapar atau sedang melaksanakan isolasi mandiri.

Ketua PMI Kota Sukabumi mengharapkan program ini dapat menumbuhkan solidaritas dalam penanganan pasien covid – 19.

Leave a Reply