Perekonomian Kota Sukabumi di Masa Pandemi Diprediksi Pulih dan Mengalami Peningkatan

Bank Indonesia Wilayah Jawa Barat melaksanakan High Level Meeting Pengendalian Inflasi Daerah bersama jajaran Pemerintah Kota Sukabumi, pada hari Senin, 28 Maret 2021, di Balai Kota Sukabumi. Hadir pada kesempatan tersebut, Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, Wakil Wali Kota Sukabumi,  Andri S Hamami, Sekretaris Daerah dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Wali Kota Sukabumi memaparkan bahwa dalam situasi pandemi covid – 19, terjadi penurunan daya beli masyarakat yang diakibatkan beberapa faktor diantaranya akibat PHK, kebijakan bekerja dari rumah, kemudian penerapan PSBB serta PPKM. Namun demikian angka inflasi Kota Sukabumi cukup terkendali karena TPID (Tim Pengendali Inflasi Daerah) melakukan beberapa langkah seperti memastikan harga tetap terjangkau dan pasokan bahan pokok penting lancar.  

Sementara itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Herawanto, menjelaskan bahwa perekonomian Jawa Barat pada tahun 2021 di perkirakan meningkat signifikan seiring dengan berlanjutnya pemulihan ekonomi global dan nasional, dengan mengharapkan vaksin covid – 19 sebagai game changer yang akan meningkatkan optimisme pemulihan ekonomi. Sedangkan ekonomi, 27 Kota dan Kabupaten di Jawa Barat, diprediksi terus membaik, apalagi Kota Sukabumi dengan PDRB 3,42 % pada tahun 2020, berpotensi terus meningkat, karena Kota Sukabumi memiliki keunggulan letak daerah yang strategis untuk pengembangan sektor perdagangan, keuangan dan transportasi.

Leave a Reply