Pendataan Keluarga Merupakan Upaya Menyajikan Data Akurat Untuk Perencanaan Pembangunan

Terdapat beberapa indikator dalam yang diukur dalam pendataan keluarga tahun 2021 yaitu indikator kependudukan, keluarga berencana, pembangunan keluarga dan stunting yang merupakan indikator baru dalam pendataan keluarga.

Indikator kependudukan akan memuat informasi mengenai demografi keluarga, sedangkan indikator keluarga berencana memuat informasi Pasangan Usia Subur. Adapun dalam indikator pembangunan keluarga terkait dengan karakteristik keluarga dan implementasi fungsi keluarga. Sementara untuk stunting akan memuat data antropometri Balita dan Ibu.

Melansir dari media sosial Dinas Dalduk, KB, P3A Kota Sukabumi, dijelaskan bahwa sedianya pendataan keluarga dijadwalkan terlaksana pada tahun 2020. Namun dikarenakan merebaknya pandemi covid – 19, pendataan keluarga baru dapat dilaksanakan tahun ini.

Adapun tujuan dari pendataan keluarga tersebut adalah tersedianya database yang dapat digunakan dalam perencanaan pembangunan. Oleh karena itu, Kepala Dinas Dalduk, KB, P3A Kota Sukabumi, Nuraeni Komarudin, mengajak seluruh masyarakat Kota Sukabumi untuk menyukseskan pendataan keluarga dengan cara memberikan data yang lengkap dalam pendataan keluarga yang dimulai sejak 1 April hingga 31 Mei 2021.

Leave a Reply