Duta Baca Diharapkan Mampu Menaikkan Minat Baca Masyarakat

Kepala Dinas  Perpustakan dan Kearsipan Provinsi Jawa Barat bersama Juara 2 Duta Baca Jawa Barat asal Kota Sukabumi, Karmeta Syahwan Nurfadillah beraudiensi dengan Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, pada hari Jumat 23 April 2021 di Balai Kota Sukabumi. Hadir dalam kesempatan tersebut Bunda Literasi Kota Sukabumi, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sukabumi, dan Camat Gunung Puyuh.

Wali Kota dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa sesuai arahan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, pihaknya telah melakukan berbagai hal dalam upaya meningkatkan budaya literasi Kota Sukabumi. Ia juga menandaskan bahwa kehadiran Duta Baca Kota Sukabumi diharapkan mampu menjadi akselerator gerakan literasi di Kota Sukabumi.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat, Ahmad Hadadi, mengatakan bahwa saat ini terjadi penurunan indeks baca di Jawa Barat. Saat ini indeks baca Jawa Barat sebesar 61, menurun jauh jika dibandingkan dengan indeks baca pada tahun 2016 yang sempat mencapai 68. Penurunan ini dipengaruhi beberapa hal seperti pada pembangunan sarana dan prasarana. Ia juga mengharapkan duta baca bisa lebih aktif menaikkan minat baca masyarakat.

Leave a Reply