BESARAN ZAKAT FITRAH DI KOTA SUKABUMI TAHUN 1438 H PER JIWA RP. 28 RIBU DITAMBAH INFAQ RAMADHAN RP. 2 RIBU

Reporter : ENDANG SUMARDI

Seperti dijelaskan Ketua Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Kota Sukabumi, Ir. H. Fifi Kusumajaya, M.M., besaran Zakat Fitrah di Kota Sukabumi Tahun 1438 H, per jiwa Rp. 28 ribu, atau dengan beras seberat 2,5 kilogram, ditambah Infaq Ramadhan Rp. 2 ribu. Adapun bukti pembayaran yang syah, adalah dengan Kupon Zakat Fitrah dan Infaq Ramadhan, yang di keluarkan oleh Baznas Kota Sukabumi, serta setiap Amil UPZ (Unit Pengumpul Zakat), wajib menyerahkan tanda bukti tersebut, pada saat menerima Zakat Fitrah.

Sedangkan hasil pengumpulan Zakat Fitrah dan Infaq Ramadhan ini, di setorkan ke Baznas Kota Sukabumi, untuk selanjutnya sebesar 75 persen atau 6 per 8 bagian dari pengumpulan zakat fitrah, didistribusikan kepada para mustahik, fakir, miskin, sabillilah, amylin, ibnu sabil dan ghorimin, sesuai dengan ketentuan syariah, dan sebesar 25 persen atau 2 per 8 bagian dari pengumpulan zakat fitrah, akan digunakan untuk mendayagunakan usaha produktif kaum dhuafa yang ada di Kota Sukabumi.

Dijelaskan pula, Pengumpulan Zakat Fitrah dan Infaq Ramadhan Tahun 1438 H ini, dimulai pada tanggal 1 Ramadhan 1438 H, dan berakhir pada tanggal 1 Syawal 1438 H, sebelum Sholat ledul Fitri. Selain itu juga dijelaskan, data pengumpulan, penyaluran dan penyetoran zakat fitrah ini, akan dilaksanakan secara jemput bola, oleh Koordinator UPZ Kecamatan dan Koordinator UPZ Kelurahan, ke setiap UPZ RW atau DKM masing-masing. Sementara hasil pengumpulan zakat fitrah yang dilaksanakan oleh  UPZ SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah), Instansi, Lembaga, BUMN dan BUMD, disetorkan ke Baznas Kota Sukabumi, dan hak amilin setor sebesar 10 persen, dibayarkan pada saat penyetoran.

Ketua Baznas Kota Sukabumi menandaskan, seluruh hasil pengumpulan, penyaluran, pendistribusian dan pendayagunaan zakat maal dan zakat fitrah serta infaq dan shodaqah termasuk DSKL (Dana Sosial Keagamaan Lainnya), khususnya yang dikelola oleh Baznas Kota Sukabumi, akan senantiasa dilaksanakan dengan penuh amanah dan transparan, serta akan dipublikasikan sekaligus dapat diakses oleh warga masyarakat dan dapat dipertanggungjawabkan. Berkaitan dengan hal tersebut, Ketua Baznas Kota Sukabumi menghimbau kepada segenap umat Islam di Kota Sukabumi, untuk bersama-sama membersihkan harta dan jiwa serta kemaslahatan bersama, dengan menunaikan kewajiban membayar Zakat Fitrah dan Zakat Maal, serta Infaq dan Shodaqoh, melalui UPZ Baznas Kota Sukabumi.

Dikatakannya, untuk tertib administrasi realisasi penerimaan dan pendayagunaan zakat fitrah ini, akan diumumkan pada pelaksanaan Sholat Idul Fitri Tingkat Kota Sukabumi, 1 Syawal 1438 H, bertempat di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi. Selain itu, Ketua Baznas Kota Sukabumi juga mengharapkan, agar pelaksanaan ibadah puasa dan kewajiban membayar zakat fitrah serta ibadah lainnya pada Bulan Suci Ramadhan Tahun 1438 H ini, dapat berjalan dengan baik dan lancar, serta aman, tertib dan damai.