DISDUKCAPIL KOTA SUKABUMI MENINGKATKAN PELAYANAN PEMBUATAN DOKUMEN KEPENDUDUKAN

Reporter : ENDANG SUMARDI

Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) Kota Sukabumi, berupaya optimal meningkatkan pelayanan pembuatan dokumen kependudukan, kepada warga masyarakat Kota Sukabumi. Adapun upaya tersebut, diantaranya ditempuh melalui kerja sama dengan empat Toserba (Toko Serba Ada) dan Departement Store yang ada di wilayah Kota Sukabumi, yakni Toserba Selamat Sukabumi, Yogya Departement Store Sukabumi, Superindo Sukabumi dan Giant Sukabumi.

Sedangkan maksud dan tujuan dilaksanakannya kerja sama dengan empat Toserba dan Departement Store tersebut, menurut Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi, Iskandar, S.IP., M.T., diantaranya untuk meningkatkan, memudahkan dan memuaskan pelayanan kepada warga masyarakat Kota Sukabumi, khususnya dalam membuat dokumen kependudukan sambil berbelanja di Toserba atau Departement Store tersebut. Karena warga masyarakat, pada setiap bulan Ramadhan sering mengunjungi pasar, mall dan pusat pembelanjaan.

Dijelaskannya, pelayanan pembuatan dokumen kependudukan tersebut, akan diawali di Giant Sukabumi selama tiga hari, tepatnya dari tanggal 15 sampai dengan 17 Juni 2017, sambil ngabuburit sekaligus mengisi dan menyemarakkan Bulan Suci Ramadhan Tahun 1438 Hijriyah, kearah yang lebih positif dan bermanfaat bagi warga masyarakat. Untuk itu, Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi, menghimbau kepada segenap lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi yang akan membuat dokumen kependudukan, bisa datang ke Giant Sukabumi, mulai pukul 10.00 sampai dengan pukul 16.00 WIB, tanpa dipungut biaya alias gratis.

Untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan upaya tersebut,  pihak Disdukcapil Kota Sukabumi sudah melakukan koordinasi dengan pihak manager keempat Toserba dan Departement Store tersebut, serta responnya sangat baik dan siap memberikan bantuan arus listrik secara gratis. Dijelaskan pula, pelayanan pembuatan dokumen kependudukan kepada warga masyarakat Kota Sukabumi ini, tidak hanya sebatas dan difokuskan kepada para pengunjung Toserba dan Departement Store saja, akan tetapi juga mengcover warga masyarakat yang ada di sekitar Toserba dan Departement Store, serta telah dilakukan koordinasi dengan kelurahan dan kecamatannya masing-masing. Selain itu juga dijelaskan, agar pelayanan pembuatan dokumen kependudukan ini bisa lebih maksimal dan lebih berhasil lagi, untuk ke depannya akan dilakukan di setiap pasar, terminal, obyek wisata dan pusat-pusat keramaian lainnya yang ada di wilayah Kota Sukabumi.