SETIAP PNS DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA SUKABUMI DILARANG MENAMBAH CUTI TAHUNAN

Reporter : ENDANG SUMARDI

Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Dr. H.M.N. Hanafie Zain, M.Si. menandaskan, setiap PNS di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, dilarang menambah Cuti Tahunan, baik sebelum maupun sesudah Cuti Bersama Idul Fitri Tahun 1438 Hijriyah. Selain itu, juga wajib mematuhi aturan tersebut, serta harus masuk kerja sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat.

Hal tersebut sesuai dengan Surat MenPAN-RB (Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) RI Nomor : B/21/M.KT.02/2017, Tentang Himbauan Kepada Para Pimpinan Instansi Pemerintah, TNI dan Polri, untuk Tidak Memberikan Cuti Tahunan, Sebelum dan Sesudah Cuti Bersama Idul Fitri Tahun 1438 Hijriyah. Disamping itu, seluruh Instansi Pemerintah juga dihimbau untuk melaksanakan Monev (Monitoring dan Evaluasi), atas pelaksanaan Surat MenPAN-RB RI tersebut.

Maksud dan tujuannya, untuk menjaga kedisplinan Aparatur Negara, baik PNS maupun Anggota TNI dan Polri. Selain itu, juga untuk mengoptimalkan pelayanan publik kepada warga masyarakat, baik sebelum maupun sesudah Idul Fitri Tahun 1438 Hijriyah, terutama setelah Cuti Bersama dan Libur Lebaran berakhir, seluruh aktivitas pemerintah harus sudah berjalan normal, khususnya dalam memberikan pelayanan publik kepada warga masyarakat. Untuk itu, Surat tersebut akan diperbanyak dan diedarkan kepada setiap OPD (Organisasi Perangkat Daerah) serta Kecamatan dan Kelurahan di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi.

Sekretaris Daerah Kota Sukabumi mengatakan, Surat tersebut sesuai dengan Pasal 333 ayat 2 PP (Peraturan Pemerintah) Nomor 11 Tahun 2017, Tentang Manajemen PNS, diantaranya menjelaskan, bahwa Cuti Bersama itu tidak mengurangi hak Cuti Tahunan. Berkaitan dengan hal tersebut, setiap Pemerintah Daerah agar tidak memberikan Cuti Tahunan kepada PNS, baik sebelum maupun sesudah Cuti Bersama Idul Fitri Tahun 1438 Hijriyah. Namun khusus untuk para PNS yang mendapatkan tugas pelayanaan pada saat PNS lainnya sedang menjalani Cuti Bersama Idul Fitri Tahun 1438 Hijriah, para PNS tersebut akan diberi Cuti Tahunan, sesuai dengan lama waktu Cuti Bersama.

Dikatakan pula, apabila ada PNS di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi yang bolos bekerja, baik sebelum maupun sesudah Cuti Bersama Idul Fitri Tahun 1438 Hijriyah, akan ditindak secara tegas dan diberikan sanksi administratif, sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, dari mulai teguran, penundaan kenaikan gaji berkala dan pangkat, penurunan pangkat dan pemecatan, sesuai dengan tingkat kesalahan PNS tersebut.