UANG JAMINAN PEMBANGUNAN PASAR PELITA SUKABUMI DARI PT FAP SUDAH ADA DI BTN JAKARTA

Reporter : ENDANG SUMARDI

Uang Jaminan Pembangunan Pasar Pelita Sukabumi sebesar Rp. 33 milyar dari PT FAP (Fortunindo Artha Perkasa), sudah ada di BTN (Bank Tabungan Negara) Jakarta. Demikian diungkapkan Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Dr. H.M.N. Hanafie Zain, M.Si., usai melakukan pemeriksaan dan pengecekan uang jaminan tersebut, tepatnya tanggal 13 Juni 2017. Diungkapkan pula, dilaksanakannya pemeriksaan dan pengecekan uang jaminan tersebut, merupakan salah satu langkah dan upaya, untuk memastikan keseriusan PT FAP, dalam melakukan proses Pembangunan dan Pengelolaan Pasar Pelita Kota Sukabumi. Selain itu, juga merupakan salah satu syarat, sebelum dilaksanakannya perjanjian kerja sama, antara PT FAP dengan Pemerintah Kota Sukabumi.

Sekretaris Daerah Kota Sukabumi menandaskan, setelah uang tersebut terbukti ada, langsung dihold atau ditahan oleh Pemerintah Kota Sukabumi dan pihak BTN, sebagai Uang Jaminan Pembangunan Pasar Pelita Kota Sukabumi, sesuai dengan persaratan yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah Kota Sukabumi. Disamping itu juga ditandaskan, uang jaminan tidak bisa dicairkan atau digunakan oleh PT FAP, sebelum Pembangunan Pasar Pelita Kota Sukabumi mencapai 20 persen. Namun apabila Pembangunan Pasar Pelita Kota Sukabumi ini sudah mencapai 20 persen, uang jaminan tersebut bisa dicairkan atau digunakan oleh PT FAP. Ditandaskan pula, setelah uang jaminan tersebut ada, berbagai tahapan dan proses pembangunan Pasar Pelita Kota Sukabumi ini, dapat secepatnya dilaksanakan oleh PT FAP, termasuk membuat Bank Garansi di Bank BJB Cabang Sukabumi atau di bank lainnya, untuk para Pedagang Pasar Pelita Kota Sukabumi, yang akan memesan kios atau los. Sebab Pemerintah Kota Sukabumi tidak menghendaki adanya Bank Garansi bodong.

Sekretaris Daerah Kota Sukabumi mengatakan, setelah kedua persyaratan tersebut dipenuhi oleh pihak PT FAP, proses penandatanganan perjanjian kerja sama antara Pemerintah Kota Sukabumi dengan PT FAP, akan segera dilaksanakan. Untuk itu, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi meminta kepada pihak PT FAP, agar segera menyelesaikan seluruh persyaratan yang telah ditetapkan. Maksud dan tujuannya, supaya proses pembangunan Pasar Pelita Kota Sukabumi ini dapat segera dilaksanakan. Selain itu juga dikatakan, apabila PT FAP tidak serius serta tidak bisa memenuhi persyaratan dan tidak bisa melaksanakan pembangunannya Pasar Pelita Kota Sukabumi, maka uang jaminan tersebut menjadi milik Pemerintah Kota Sukabumi.