P2RW PEMERINTAH KOTA SUKABUMI SUDAH DIADOPSI OLEH SEJUMLAH PEMERINTAH KABUPATEN DAN KOTA LAINYA DI INDONESIA

Reporter : ENDANG SUMARDI

Asisten Pemerintahan Setda Kota Sukabumi, Drs. H. Andri Setiawan, M.M. menandaskan, P2RW (Program Pemberdayaan Rukun Warga) Pemerintah Kota Sukabumi yang sudah berjalan selama empat tahun terakhir, sudah diadopsi oleh sejumlah Pemerintah Kabupaten dan Kota lainya di Indonesia, karena dinilai berhasil dalam mendorong tingginya partisipasi warga masyarakat dalam pembangunan, di  lingkungannya masing-masing, dari mulai merencanakan dan melaksanakan hingga memeliharanya, dilakukan langung oleh warga masyarakat.

Ditandaskan pula, tolok ukur keberhasilan P2RW ini, bisa dinilai dari banyaknya Pemerintah Kabupaten dan Kota lainya di Indonesia, yang melakukan studi banding dan belajar tentang P2RW ke Kota Sukabumi, sekaligus melihat langsung hasil-hasil pembangunan yang dilaksanakan melalui P2RW, termasuk keterlibatan warga masyarakat di dalamnya. Adapun sejumlah Pemerintah Kabupaten dan Kota lainya di Indonesia yang sudah belajar dan menerapkan P2RW di daerahnya masing-masing, diantaranya Pemerintah Kabupaten Serang, Pemerintah Kota Tangerang Selatan dan Pemerintah Kota Salatiga, serta sejumlah Pemerintah Kabupaten dan Kota lainya di Provinsi Jawa Barat.

Selain itu juga ditandaskan, dengan banyaknya Pemerintah Kabupaten dan Kota lainya yang melakukan studi banding dan belajar tentang P2RW ke Kota Sukabumi ini, merupakan salah satu keberhasilan dan kebanggaan bagi Pemerintah Kota Sukabumi, khususnya dalam menciptakan inovasi untuk warga masyarakat Kota Sukabumi, kendati P2RW ini hanya difokuskan pada pembangunan infrastruktur atau pada bidang fisik saja.

Namun demikian, Asisten Pemerintahan Setda Kota Sukabumi, senantiasa berupaya optimal dan memberikan pilihan kepada setiap Pemerintah Kabupaten dan Kota lainya yang melakukan studi banding dan belajar tentang P2RW ke Kota Sukabumi, untuk merealisasikan konsep ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi), sesuai dengan yang digelorakan oleh KemenPAN-RB (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) RI. Dikatakannya, pilihan tersebut bisa fokus pada fisik atau non fisik, tergantung kepada Pemerintah Kabupaten atau Kota masing-masing.

Dikatakan pula, P2RW yang digagas oleh Pemerintah Kota Sukabumi ini, senantiasa mengalami peningkatan dan perkembangan yang cukup signifikan. Untuk itu, Asisten Pemerintahan Setda Kota Sukabumi menghimbau kepada semua pihak, agar senantiasa mendukung dan mendorong P2RW yang sudah digulirkan oleh Pemerintah Kota Sukabumi ini, supaya bisa lebih baik dan maju lagi, serta memiliki manfaat yang sangat tinggi bagi warga masyarakat.