SATLANTAS POLRES SUKABUMI KOTA MELAKUKAN PENGALIHAN ARUS LALU LINTAS DI SEJUMLAH RUAS JALAN DI KOTA SUKABUMI

Reporter : ENDANG SUMARDI

Menjelang Hari Raya Idul Fitri Tahun 1438 Hijriyah, tepatnya sejak tanggal 17 sampai dengan tanggal 24 Juni 2017, Satlantas (Satuan Lalu lintas) Polres Sukabumi Kota, melakukan pengalihan arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan rawan terjadi kemacetan di wilayah Kota Sukabumi. Maksud dan tujuannya, menurut Kasat Lantas Polres Sukabumi Kota, AKP Agoeng Ramadhani, untuk mengurangi kemacetan di wilayah Kota Sukabumi, khususnya pada saat menjelang Hari Raya Idul Fitri Tahun 1438 Hijriyah.

Berkaitan dengan hal tersebut, pihak Satlantas Polres Sukabumi Kota sudah mengatur strategi, khususnya dalam melakukan pengaturan lalu lintas, baik dengan cara memberlakukan sistem rekayasa jalur lalu lintas dengan pemberlakuan sistem buka tutup jalan, maupun dengan penyebaran sembilan titik Pospam (Pos Pengamanan) Hari Raya Idul Fitri Tahun 1438 Hijriyah di wilayah Kota Sukabumi. Diantaranya Pospam Ramayana, Pospam NBS, Pospam Cibatu, Pospam SPBU Warung Adang, Pospam Pangleseran, Pospam PT KAI, Pospam Terminal Type A K.H. Ahmad Sanusi, Pospam Terminal Lembursitu dan Pospam Terminal Sukaraja.

Dijelaskannya, pengalihan arus lalu lintas tersebut bersifat situasional, yakni apabila ruas jalan sudah tidak dapat menampung lagi laju kendaraan, maka pengalihan arus lalu lintas dilakukan. Untuk itu, pihak Satlantas Polres Sukabumi akan senantiasa berupaya optimal melakukan pengawasan terhadap sejumlah ruas jalan rawan terjadi kemacetan di wilayah Kota Sukabumi. Selain itu, pihak Satlantas Polres Sukabumi Kota, juga akan senantiasa berupaya optimal menangani arus lalu lintas di wilayah Kota Sukabumi, supaya dapat berjalan lancar.

Adapun sejumlah ruas jalan di Kota Sukabumi yang menjadi bagian pemberlakuan sistem buka tutup jalur, diantaranya Jalan Veteran II menuju Jalan R.E. Martadinata, dialihkan melalui Jalan Suryakencana, Jalan R. Syamsudin, S.H. dan Jalan Ir. H. Juanda satu arah. Selanjutnya arus lalu lintas dari Jalan Suryakencana menuju Jalan Perintis Kemerdekaan, dialihkan melalui Jalan R. Syamsudin, S.H., Jalan Ir. H. Juanda dan Jalan R.E. Marthadinata satu arah. Kemudian arus lalu lintas dari Jalan R. Syamsudin, S.H. menuju Jalan Suryakencana, dialihkan melalui Jalan Ir. H. Juanda dan Jalan R.E. Marthadinata satu arah. Disamping itu, apabila arus lalu lintas di Jalan A. Yani di sekitar Mayofield mengalami kemacetan, maka akan diberlakukan buka tutup jalur jalan, dari mulai  simpang Jalan Zaenal Zakse dan simpang  Jalan Perintis Kemerdekaan depan Bank BRI.