ANGGOTA LINMAS DI KOTA SUKABUMI IKUT MENGAMANKAN LEBARAN TAHUN 1438 HIJRIYAH

Reporter : ENDANG SUMARDI

Seperti dijelaskan Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., Anggota Linmas (Perlindungan Masyarakat) yang tersebar di 355 RW, 33 Kelurahan dan 7 Kecamatan se Kota Sukabumi, ikut mengamankan Lebaran Tahun 1438 Hijriyah. Maksud dan tujuannya, untuk mengantisipasi dan menangani berbagai hal yang tidak diinginkan oleh semua pihak. Dijelaskan pula, keterlibatan Anggota Linmas dalam melakukan pengamanan Lebaran ini, di Kota Sukabumi bukan merupakan yang pertama kali. Karena setiap lebaran, Anggota Linmas ini senantiasa dilibatkan dan diturunkan, menjadi garda terdepan dalam melakukan pengamanan lebaran di lingkungannya masing-masing. Sebab Anggota Linmas ini, merupakan ring pertama pengamanan bagi pemerintah dan masyarakat.

Untuk itu, Wakil Walikota Sukabumi mengharapkan, agar kerja sama yang baik dari setiap Anggota Linmas ini, supaya senantiasa ditingkatkan dan dikembangkan, khususnya dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat, termasuk dalam menjaga lingkungan masyarakat untuk tetap aman, tenteram, tertib, nyaman dan damai, serta terbebas dari berbagai hal yang tidak baik. Terlebih pada saat Hari Raya Idul Fitri, karena banyak masyarakat yang mudik pulang ke kampung halamannya. Sehingga banyak wilayah yang sepi, serta dikhawatirkan dapat memicu terhadap terjadinya aksi pencurian. Berkaitan dengan hal tersebut, keberadaan Anggota Linmas ini, dapat dijadikan salah satu solusi keamanan yang pertama di lingkungan masyarakat, kendati perhatian pemerintah kepada Anggota Linmas ini masih kurang.

Namun demikian, Wakil Walikota Sukabumi menyatakan merasa yakin kepada para Anggota Linmas yang sudah diberikan amanah ini, akan senantiasa berupaya optimal melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Adapun tugas dan fungsi Linmas ini, diantaranya melaksanakan kegiatan perlindungan kepada warga masyarakat, melakukan penanggulangan dan penanganan terhadap para pengungsi, membantu aparat pemerintah dalam memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, serta membantu kegiatan sosial kemasyarakatan di desa atau di kelurahan. Selain itu juga membantu memelihara dan meningkatkan kondisi dan tata tertib di kalangan masyarakat, membantu masyarakat menanggulangi dan mengurangi gangguan keamanan dan bencana alam, membantu membina masyarakat dalam meningkatkan dan mempertinggi kesadaran hukum, membantu Pemerintah Daerah dan Kepolsian dalam memelihara ketentraman dan ketertiban umum, serta membantu TNI dalam menjaga dan melaksanakan pertahanan negara.