SELURUH KENDARAAN BERAT DILARANG MELINTASI SETIAP RUAS JALAN YANG ADA DI WILAYAH KOTA SUKABUMI

Reporter : ENDANG SUMARDI

Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M. menandaskan, seluruh kendaraan berat dilarang melintasi setiap ruas jalan yang ada di wilayah Kota Sukabumi, tepatnya sejak H min 7 sampai dengan H plus 7 Hari Raya Idul Fitri Tahun 1438 Hijriyah. Untuk itu, Walikota Sukabumi sudah mengeluarkan Surat Edaran Tentang Larangan dan Penertiban Kendaraan Berat yang melintasi ke setiap ruas jalan yang ada di wilayah Kota Sukabumi. Adapun maksud dan tujuannya, untuk menunjang kelancaran arus Mudik Lebaran Tahun 1438 Hijriyah, khususnya di wilayah Kota Sukabumi.

Walikota Sukabumi meminta kepada para pengemudi kendaraan berat, agar mematuhi sekaligus melaksanakan kebijakan yang sudah diambil oleh Pemerintah Kota Sukabumi tersebut. Selain itu, Walikota Sukabumi meminta kepada semua pihak dan aparat instansi terkait, agar senantiasa berupaya optimal mengawal kebijakan yang sudah dikeluarkan oleh Pemerintah Kota Sukabumi tersebut, serta apabila ada pengemudi kendaraan berat yang melanggar kebijakan terasebut supaya secepatnya ditertibkan, sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku, kecuali Kendaraan Berat Pengangkut BBM (Bahan Bakar Minyak) dan Pengangkut Barang-Barang Kebutuhan Bahan Pokok Warga Masyarakat.

Dalam pada itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Abdul Rachman, A.TD. menjelaskan, pihaknya beserta jajarannya akan senantiasa berupaya optimal melaksanakan pengawalan terhadap kebijakan yang sudah dikeluarkan oleh Pemerintah Kota Sukabumi tersebut, tepatnya sejak H min 7 sampai dengan H plus 7 Hari Raya Idul Fitri Tahun 1438 Hijriyah, bekerja sama dengan aparat instansi terkait lainnya, khususnya dengan aparat Satlantas (Satuan Lalu Lintas) Polres Sukabumi Kota.

Ditandaskannya, apabila ada pengemudi kendaraan berat yang tidak mengindahkan Surat Edaran Walikota Sukabumi tersebut, akan secepatnya ditertibkan dan diberi sanksi, sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku, yakni ditilang dan dikenakan sanksi lainnya yang dapat diterapkan kepada pengemudi tersebut. Kecuali Kendaraan Berat Pengangkut BBM dan Pengangkut Barang-Barang Kebutuhan Bahan Pokok Warga Masyarakat. Ditandaskan pula, kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kota Sukabumi tersebut, merupakan salah satu langkah dan upaya, untuk menunjang kelancaran arus Mudik Lebaran Tahun 1438 Hijriyah, khususnya di wilayah Kota Sukabumi.