BAZNAS KOTA SUKABUMI MENARGETKAN REALISASI PENGUMPULAN ZAKAT FITRAH SEBESAR RP. 3 MILYAR

Reporter : ENDANG SUMARDI

Pengelola Zakat Baznas (Badan Amil Zakat) Kota Sukabumi, Drs. K.H.M. Kusoy menjelaskan, Baznas Kota Sukabumi, dalam tahun 2017 ini menargetkan realisasi pengumpulan zakat fitrah serta infaq dan shodaqoh sebesar Rp. 3 milyar. Target tersebut hampir dua kali lipat dari realisasi pengumpuan zakat fitrah tahun 2016, yang mencapai Rp. 1,9 milyar.

Selain itu, pihak Baznas Kota Sukabumi merasa yakin, bahwa tingkat kesadaran warga masyarakat Kota Sukabumi untuk membayar zakat fitrah melalui Baznas Kota Sukabumi ini akan terus meningkat, seiring dengan meningkatnya realisasi pengumpuan zakat fitrah setiap tahun, yakni pada tahun 2015 mencapai Rp. 1,8 milyar, dan pada tahun 2016 mengalami peningkatan menjadi Rp. 1,9 milyar.

Dijelaskan pula, untuk mengingatkan kepada warga masyarakat tentang kewajiban membayar zakat fitrah menjelang Hari Raya Idul Fitri, Baznas Kota Sukabumi sudah menyebarkan maklumat untuk membayar zakat kepada Baznas Kota Sukabumi, sebagai lembaga resmi pemerintah untuk mengumpulkan, mengelola dan menyalurkan zakat serta infaq dan shodaqoh kepada warga masyarakat yang berhak menerimanya.

Disamping itu juga dijelaskan, bagi warga masyarakat yang membayar zakat melalui Baznas, para penerima zakat di lingkungannya masing-masing akan diperhatikan oleh Baznas. Sebab pada setiap Baznas menerima zakat dari warga masyarakat, akan langsung dikembalikan lagi kepada warga masyarakat di lingkungannya masing-masing, karena Baznas hanya berhak menampung saja.

Pengelola Zakat Baznas Kota Sukabumi menandaskan, dari total perolehan zakat fitrah, sebesar 75 persen dikembalikan langsung kepada warga masyarakat, yakni kepada para mustahik, fakir, miskin, sabillilah, amylin, ibnu sabil dan ghorimin, sesuai dengan ketentuan syariah, dan sebesar 25 persen atau 2 per 8 bagian dari pengumpulan zakat fitrah, akan digunakan untuk mendayagunakan usaha produktif kaum dhuafa yang ada di Kota Sukabumi.

Sedangkan besaran Zakat Fitrah di Kota Sukabumi Tahun 1438 Hijriyah, yakni Rp. 28 ribu per jiwa, atau dengan beras seberat 2,5 kilogram, ditambah Infaq Ramadhan Rp. 2 ribu. Adapun bukti pembayaran yang syah, yakni dengan Kupon Zakat Fitrah dan Infaq Ramadhan, yang di keluarkan oleh Baznas Kota Sukabumi, serta setiap Amil UPZ (Unit Pengumpul Zakat), wajib menyerahkan tanda bukti tersebut, pada saat menerima Zakat Fitrah.