POLRES SUKABUMI KOTA MENGERAHKAN SEBANYAK 421 PERSONIL UNTUK PENGAMANAN IDUL FITRI 1438 HIJRIAH

Reporter : ENDANG SUMARDI

Dalam Operasi Ramadniya Tahun 2017, Polres Sukabumi Kota mengerahkan sebanyak 421 personil. untuk melakukan pengamanan sebelum dan sesudah Hari Raya Idul Fitri Tahun 1438 Hijriah. Sebab menurut Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Rustam Mansur, S.IK., sebelum dan sesudah Hari Raya Idul Fitri, warga masyarakat harus mendapatkan keamanan dan kenyamanan serta pengayoman dan perlindungan secara optimal.

Dijelaskannya, ke 421 personil tersebut, ditugaskan di sejumlah titik dan Pos Gatur di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota, serta siap bekerja secara optimal 24 jam. Karena disamping harus mengamankan Hari Raya Idul Fitri, juga harus melakukan pengamanan dan pengawalan arus mudik dan arus balik, khususnya di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota.

Dijelaskan pula, ke 421 personil tersebut, dibantu oleh ratusan aparat keamanan lainnya, yakni dari Sub Den Pom, TNI, Dinas Perhubungan, Sat Pol PP (Satuan Polisi Pamong Praja), Petugas Damkar (Pemadam Kebakaran), BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) dan Dinas Kesehatan, serta dari OKP, ORARI, RAPI, Pramuka Saka Bhayangkara dan PMI.

Kapolres Sukabumi Kota mengatakan, peredaran uang di Kota Sukabumi cukup tinggi, terutama pada saat menjelang Hari Raya Idul Fitri. Berkaitan dengan hal tersebut, aparat Polres Sukabumi Kota dibantu oleh aparat keamanan lainnya, akan memperketat keamanan dan menambah personil di setiap Bank dan ATM (Anjungan Tunai Mandiri), di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota. Selain itu, aparat Polres Sukabumi Kota juga akan memperketat pengamanan dengan melakukan patroli ke rumah-rumah kosong yang ditinggalkan mudik oleh para penghuninya.

Namun demikian, Kapolres Sukabumi Kota menghimbau kepada segenap lapisan warga masyarakat khususnya yang berdomisili di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota, supaya senantiasa waspada dan berhati-hati, serta meningkatkan keamanan dan ketenteraman di wilayahnya masing-masing, dengan lebih mengintensifkan kegiatan Siskamling (Sistem Keamanan Lingkungan) atau Ronda Malam.

Disamping itu, Kapolres Sukabumi Kota meminta kepada segenap lapisan warga masyarakat, apabila menemukan ada hal-hal yang janggal dan mencurigakan di wilayahnya masing-masing, agar segera dilaporkan kepada aparat kepolisian terdekat, untuk secepatnya ditindak lanjuti dan ditangani secara optimal, sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.