IPB MELAKUKAN KERJA SAMA DENGAN YAYASAN PENDIDIKAN TINGGI KUSUMAH BANGSA

Reporter : ENDANG SUMARDI

IPB (Institut Pertanian Bogor) melakukan kerja sama dengan Yayasan Pendidikan Tinggi Kusumah Bangsa, Tentang Pemanfaatan Sarana dan Prasarana, untuk menyelenggarakan kegiatan PPD (Program Studi Di Luar Domisili) PSDKU (Program Studi Diluar Kampus Utama) IPB di Kota Sukabumi. Kerja sama tersebut dituangkan dalam bentuk MoU (Memorandum of Understanding) atau Nota Kesepahaman Perjanjian Kerjasama, serta sudah ditandatangani oleh Wakil Rektor IPB, Prof. Yonny Koesmaryono, dan Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Dr. H.M.N. Hanafie Zain, M.Si., selaku Ketua Yayasan Pendidikan Tinggi Kusumah Bangsa, tepatnya hari Kamis, 22 Juni 2017, di Aula Kampus Stikes (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan) Sukabumi.

Hadir pada kesempatan tersebut, Kepala Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika) Kota Sukabumi, Drs. Sukarman, M.Pd., selaku Direktur Politeknik Sukabumi, Ketua Stikes Sukabumi, Drs. Sulaeman Effendi, M.M., Kepala Bagian Perekonomian, Pembangunan dan Kerjasama Daerah Setda Kota Sukabumi, Rahmat Sukandar, S.Si., M.T., M.Sc., serta para tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi menjelaskan, IPB kembali melakukan kerja sama dengan Yayasan Pendidikan Tinggi Kusumah Bangsa, Tentang Pemanfaatan Sarana dan Prasarana, khususnya Lahan dan Ruangan Kampus Stikes Sukabumi, untuk tempat proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) Tahun 2017-2018, bagi Mahasiswa IPB Gelombang Ke 2 PDD PSDKU. Hal ini sejalan dengan komitmen Pemerintah Kota Sukabumi, yang menghendaki adanya Pengguruan Tinggi Negeri di Kota Sukabumi.

Dijelaskan pula, dengan adanya PDD PSDKU IPB di Kota Sukabumi ini, merupakan sebuah kesempatan untuk warga masyarakat Kota Sukabumi dan Jawa Barat. Sebab PDD PSDKU IPB di Kota Sukabumi ini, diperuntukan khusus bagi warga masyarakat Jawa Barat, dan statusnya sama, yakni Mahasiswa IPB, serta Dosennya dan fasilitasnya semuanya dari IPB.

Selain itu, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi juga menjelaskan, Kampus PDD PSDKU IPB di Kota Sukabumi, dalam tahun 2017 ini akan dibangun di atas lahan seluas 30 hektar, tepatnya di wilayah Kecamatan Cibeureum Kota Sukabumi. Untuk itu, sebelum Kampus PDD PSDKU IPB di Kota Sukabumi ini selesai dibangun, bisa menggunakan Kampus Politeknik Sukabumi dan Kampus Stikes Sukabumi, sebagai tempat perkuliahan.