Menjaga Kualitas Udara Tetap Sehat, Dinas Lingkungan Hidup Uji Emisi Kendaraan Bermotor

Reporter : Fahrizal – Angga

Dinas Lingkungan Hidup bekerja sama dengan Dinas Perhubungan, serta Kepolisian, menggelar uji emisi kendaraan bermotor, pada hari Rabu, 24 November 2021, di Terminal Tipe C Jalan Lingkar Selatan. Uji emisi dilakukan sebagai salah satu upaya pengendalian pencemaran udara.

Kepala Seksi Pencemaran Lingkungan DLH Kota Sukabumi, Hendri Dwi Hikmawan, menjelaskan uji emisi dilakukan selama dua hari dari tanggal 24 hingga 25 November 2021 dari pukul 09.00 sampai 14.00, dengan target kendaraan bermotor pribadi dan dinas. Dijelaskannya, uji emisi merupakan kegiatan yang  dilakukan rutin satu kali dalam setahun, untuk menjaga kualitas udara di Kota Sukabumi.

Statement Kasi Pencemaran DLH

Dijelaskan pula, kedepannya terdapat kemungkinan berlakunya sanksi bagi kendaraan yang tidak lolos uji emisi, sehingga ia menghimbau setiap pemilik kendaraan bermotor, secara berkala melakukan perawatan kendaraan bermotornya agar emisi gas buang tidak melebihi ambang batas. Uji emisi merupakan bagian dari uji udara ambien yang juga dilaksanakan pada permukiman, perdagangan dan perindustrian oleh Dinas Lingkungan Hidup.(RS)

Leave a Reply