Cegah Penularan HIV/Aids, Dinas Kesehatan dan KPA Gelar Tes VCT Gratis Pada Hari Aids Sedunia

Reporter : Arif Hidayat

Mencegah penularan HIV/Aids, dalam peringatan Hari Aids sedunia, Dinas Kesehatan, Komisi Penanggulangan Aids, dan Palang Merah Indonesia, menggelar kegiatan tes VCT gratis, donor darah serta vaksinasi covid – 19 untuk masyarakat di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi, pada hari Rabu, 1 Desember 2021.

Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, dr. Lulis Delawati, mengatakan peringatan Hari Aids Sedunia kali ini dimanfaatkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mencegah penularan HIV/Aids melalui kolaborasi dan kemitraan. Berbagai kegiatan sudah dilakukan sejak 29 November lalu seperti executive briefing deklarasi komitmen non – diskriminasi HIV/Aids dan pelatihan konselor sebaya. Sedangkan untuk target peserta tes VCT, ia menjelaskan bahwa pihaknya mengharapkan tes tersebut dapat diikuti oleh banyak peserta.

Statement Kabid P2P Dinkes

Kasus penularan HIV/Aids di Kota Sukabumi pada periode Januari hingga September 2021 bertambah sebanyak 112 kasus. Dari 112 kasus baru tersebut, terbanyak didominasi oleh kelompok LSL 61 orang, pasangan risti 31 orang, pelanggan 10 orang, WPS 8 orang dan lainnya sebanyak 10 orang. Mencegah agar tidak terjadi kenaikan jumlah kasus, Komisi Penanggulangan Aids Kota Sukabumi telah melakukan berbagai langkah seperti bekerjasama dengan berbagai pihak, diantaranya tokoh agama, tokoh masyarakat, komunitas, Penguruan Tinggi dan Organisasi Profesi, termasuk dengan Media serta dunia usaha.(RS)

Leave a Reply