Wali Kota Resmikan Puskesmas Nanggeleng Usai Direnovasi

Reporter : Arif Hidayat

Tersedianya sarana prasarana kesehatan wajib diadvokasi oleh Pemerintah, karena kesehatan masyarakat merupakan salah satu prioritas dalam pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah. Demikian disampaikan oleh Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, saat meresmikan Puskesmas Nanggeleng yang selesai direhabilitasi, pada hari Kamis, 13 Januari 2022.

Wali Kota menjelaskan dengan kesehatan sebagai salah satu prioritas pembangunan, maka ditengah keterbatasan anggaran akibat pandemi covid – 19, Pemerintah Kota Sukabumi tetap berusaha memberikan sarana prasarana kesehatan melalui rehabilitasi 9 Puskesmas Induk, 8 Puskesmas Pembantu serta fasilitas Ambulan Sigap dan Home Care. Semua proses pembangunan sarana prasarana tersebut selesai sesuai target diakhir tahun 2021.

Disisi lain, Wali Kota juga mengingatkan ketersediaan sarana prasarana yang baik harus ditopang pula oleh tenaga kesehatan yang handal, ramah, santun dan melayani.

Statement Wali Kota

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, dr. Rita Fitrianingsih, menerangkan pembangunan Puskesmas Nanggeleng telah dilakukan sejak tahun 2020 dengan memanfaatkan bantuan keuangan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Kemudian pembangunannnya diselesaikan pada tahun 2021 menggunakan APBD Pemerintah Kota Sukabumi. Adapun total anggaran yang digunakan untuk merehabilitasi semua fasilitas kesehatan seperti Puskesmas Induk dan Pembantu pada tahun 2021, mencapai lebih dari Rp. 8,7 Miliar.

Leave a Reply