PENJELASAN WALIKOTA SUKABUMI TERHADAP LKPJ WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA SUKABUMI TENTANG APBD TAHUN 2016

Reporter : ENDANG SUMARDI

Penjelasan Walikota Sukabumi terhadap LKPJ (Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban) Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi Tentang Pelaksanaan APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Kota Sukabumi Tahun Anggaran 2016, disampaikan kepada DPRD Kota Sukabumi, dalam Rapat Paripurna, tepatnya hari Kamis, 6 Juli 2017, di Ruangan Rapat Paripurna DPRD Kota Sukabumi, dipimpin Ketua DPRD Kota Sukabumi, Yunus Suhandi, S.IP.

Hadir pada kesempatan tersebut, Wakil Walikota Sukabumi, Kepala Setukpa Lemdiklat Polri Sukabumi, unsur Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kota Sukabumi, para Asisten Daerah dan Staf Ahli Walikota Sukabumi, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan Instansi Vertikal, para Camat dan Lurah, para Sesepuh, Alim Ulama dan Tokoh Masyarakat, para Pimpinan Organisasi Sosial, Politik, Kemasyarakatan, Wanita, Pemuda dan Mahasiswa, serta para tamu undangan lainnya.

Ketua DPRD Kota Sukabumi, Yunus Suhandi, S.IP. mengatakan, penyampaian LKPJ Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi Tentang Pelaksanaan APBD Kota Sukabumi Tahun Anggaran 2016 ini, sejalan dengan ketentuan pasal 71 ayat 2 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah dan PP (Peraturan Pemerintah) Nomor 3 Tahun 2007 Tentang Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah kepada Pemerintah, LKPJ Kepala Daerah kepada DPRD dan Informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah kepada masyarakat, yang di dalamnya menguraikan Kebijakan Pemerintah Daerah, Kebijakan Umum Keuangan Daerah, Penyelenggara Urusan Pemerintahan Daerah, Penyelenggaraan Tugas Pembantuan dan Penyelenggaraan Tugas Umum Pemerintah.

Dikatakan pula, implementasi pelaksanaan tugas tersebut, secara garis besar berpedoman kepada RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Kota Sukabumi Tahun 2013-2018, serta dijabarkan melalui visi dan misi Kota Sukabumi, dengan mensinergiskan Urusan Pusat, Urusan Wajib Daerah dan Urusan Pilihan, yang maksud dan tujuannya sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat Kota Sukabumi.

Selain itu, Ketua DPRD Kota Sukabumi, atas nama unsur pimpinan dan seluruh anggota DPRD Kota Sukabumi, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi beserta seluruh jajarannya, yang telah berupaya optimal menyusun dan menyampaikan LKPJ Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi Tentang Pelaksanaan APBD Kota Sukabumi Tahun Anggaran 2016 kepada DPRD Kota Sukabumi tepat pada waktunya, seraya menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya, atas berbagai kekurangan dalam pelaksanaan Rapat Paripurna ini.

Dalam pada itu, Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M. menjelaskan, LKPJ Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi Tentang Pelaksanaan APBD Kota Sukabumi Tahun Anggaran 2016 ini, merupakan Penyajian Laporan Pelaksanaan Pembangunan Kota Sukabumi Tahun 2016, sebagai siklus pelaksanaan pembangunan yang berkesinambungan. Selain itu, LKPJ Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi Tentang Pelaksanaan APBD Kota Sukabumi Tahun Anggaran 2016 ini, tetap mengacu kepada RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) Kota Sukabumi Tahun 2016 dan Pelaksanaan Dokumen RPJMD Kota Sukabumi Tahun 2013-2018. Dengan demikian, capaian pembangunan yang dievaluasi, tetap mengacu kepada dokumen perencanaan yang telah ditetapkan, untuk capaian periode tahun 2016. Adapun produk dari penyelenggaraan kegiatan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan selama kurun waktu tahun 2016, pada dasarnya merupakan hasil yang telah dicapai bersama oleh semua pihak, yakni Pemerintah Kota Sukabumi, DPRD Kota Sukabumi dan Warga Masyarakat Kota Sukabumi.