Alih Fungsi Lahan, Salah Satu Isu Strategis DKP3 Dalam Perencanaan Program Kerja

Reporter : Arif Hidayat

Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, mengharapkan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi, dapat mengambil bagian untuk merubah perilaku masyarakat agar lebih peduli dalam penyediaan dan pengelolaan sektor pangan perkotaan yang diantaranya meliputi gerakan menanam di pekarangan. Hal tersebut disampaikannya dalam Forum Perangkat Daerah (FPD) DKP3 pada hari Selasa, 9 Februari 2022, di Kawasan Agroeduwisata Cikundul.

Pada FPD tersebut, Wali Kota juga menjelaskan komitmen Pemerintah Kota Sukabumi untuk terus mengembangkan sektor pertanian seperti melalui Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) yang hingga tahun 2021 telah ditetapkan seluas 43,1 hektar. Selain itu juga melalui kebijakannya, Pemerintah Kota Sukabumi senantiasa mendukung produk unggulan pertanian dan perikanan lokal.

Sementara Kepala DKP3 Kota Sukabumi, Andri Setiawan, menjelaskan melalui FPD pihaknya berupaya untuk menampung semua aspirasi berbagai pemangku kepentingan termasuk usulan masyarakat pada Musrenbang sebagai bahan pertimbangan dalam perencanaan program kerja tahun depan. Dijelaskannya salah satu tantangan yang ada saat ini adalah alih fungsi lahan pertanian yang massif, karena dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, laju alih fungsi lahan mencapai 2,22 persen per tahun. Hal ini berimbas pada ketergantungan yang tinggi terhadap pasokan pangan dari luar Kota Sukabumi.(RS)

Leave a Reply