UPACARA PERINGATAN HARI BHAYANGKARA KE 71 TAHUN 2017 TINGKAT POLRES SUKABUMI KOTA DIISI BERBAGAI KEGIATAN

Reporter : ENDANG SUMARDI

Upacara Peringatan Hari Bhayangkara Ke 71 Tahun 2017 Tingkat Polres Sukabumi Kota, diisi berbagai kegiatan. Diantaranya Penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Bhayangkara Nararia, kepada puluhan Anggota Polres Sukabumi, secara simbolis diwakili oleh 3 orang perwakilan anggota. Selain itu, juga diisi atraksi Bela Diri Polri, Pencak Silat dari Pontren (Pondok Pesantren) Dzikir AL-Fath Kota Sukabumi, serta Parade Anggota Polres Sukabumi Kota dan Polsek se wilayah hukum Polres Sukabumi Kota, menggunakan kendaraan opersional roda dua.

Adapun Penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Bhayangkara tersebut, diserahkan oleh Wakil Kepala Setukpa Lemdiklat Polri Sukabumi, Kombes Pol. Drs. Sumarjiyo, selaku Inspektur Upacara Peringatan Hari Bhayangkara Ke 71 Tahun 2017 Tingkat Polres Sukabumi Kota, hari Senin, 10 Juli 2017, bertempat di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi.

Hadir pada kesempatan tersebut, Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., Dandim 0607 Kota Sukabumi, Letkol Infanteri Mohammad Mahfud As’at, Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Rustam Mansur, S.IK. beserta unsur Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) lainnya, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan Instansi Vertikal, para Sesepuh, Alim Ulama, Tokoh Masyarakat dan Pemuda, serta para tamu undangan lainnya.

Sedangkan peserta upacara, terdiri TNI, Polri, Korpri, Dinas Perhungan Kota Sukabumi, Satpol PP (Satuan Polisi Pamong Praja) Kota Sukabumi, BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kota Sukabumi, OKP (Organisasi Kepemudaan), Mahasiswa, Pelajar dan Pramuka, serta Satuan Musik, Marching Band Gema Swara Korpri Kota Sukabumi.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Kepala Setukpa Lemdiklat Polri Sukabumi, Kombes Pol. Drs. Sumarjiyo menyampaikan amanat Kapolri, Komjen Pol. Drs. Tito Karnavian, M.A., Ph.D., diantaranya menandaskan, Tanggal 1 Juli adalah hari bersejarah bagi Polri, sebagai hari lahirnya Djawatan Kepolisian Negara, tepatnya Tanggal 1 Juli 1946, yang saat ini dikenal sebagai hari Bhayangkara.

Selain itu juga ditandaskan, dalam kurun waktu 71 tahun, Polri telah memberikan sumbangsih yang sangat besar, khususnya dalam memelihara Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat), serta penegakan hukum, perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

Sedangkan prestasi yang telah berhasil diukir oleh Polri hingga saat ini, diantaranya dalam mengungkap kasus terorisme, pemberantasan penyalahgunaan Narkoba dan Obat-Obatan Terlarang, serta kasus yang menyedot perhatian publik, termasuk dalam mengamankan agenda nasional dan internasional. Diharapkannya, Peringatan Hari Bhayangkara Ke 71 Tahun 2017 ini, agar dijadikan ajang refleksi diri dan evaluasi, baik yang berkaitan dengan keberhasilan maupun kekurangan Polri, untuk segera diatasi melalui reformasi internal Polri.