TAHAPAN PELAKSANAAN PILKADA WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA SUKABUMI PERIODE TAHUN 2018-2023

Reporter : ENDANG SUMARDI

Anggota KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kota Sukabumi, Harlan Awaludin Kahar, A.Md. menjelaskan, Tahapan Pelaksanaan Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) tahap ketiga secara serentak tahun 2018 mendatang, termasuk Pilkada Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi Periode Tahun 2018-2023 serta Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Periode Tahun 2018-2023, akan dimulai pada Bulan September 2017 mendatang.

Dijelaskan pula, kepastian mengenai waktu tahapan pelaksanaan Pilkada tersebut, menyusul telah dilaunchingnya Pilkada tahap ketiga secara serentak tahun 2018 mendatang, oleh KPU RI dengan KPU Provinsi serta KPU Kota dan  Kabupaten, tepatnya tanggal 14 Juni 2017, di Jakarta. Dalam kegiatan tersebut, KPU RI meluncurkan Peraturan KPU Nomor 1 Tahun 2017 Tentang Tahapan, Program dan Jadual Pilkada.

Selain itu juga dijelaskan, berdasarkan Peraturan KPU tersebut, setiap daerah harus sudah memulai melaksanakan persiapan tahapan, program dan Jadual Pilkada, seperti regulasi, anggaran dan yang lainnya, termasuk NPHD (Naskah Perjanjian Hibah Daerah), harus sudah selesai sebelum tanggal 27 September 2017 mendatang. Selanjutnya dijelaskan, dalam pelaksanaan Pilkada tersebut, ada dua tahapan yang harus dilaksanakan oleh KPU, yakni tahapan persiapan dan tahapan penyelenggaraan Pilkada.

Adapun tahapan persiapan Pilkada tersebut, yakni membuat perencanaan program dan anggaran, penandatanganan NPHD, serta membentuk Perangkat Pilkada, seperti KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara), PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) dan PPS (Panitia Pemungutan Suara), termasuk melakukan pemuktakhiran data dan daftar pemilih, serta tahapan penyelenggaraan Pilkada, yang terdiri dari syarat dukungan terhadap Pasangan Calon Kepala Daerah, Pendaftaran Pasangan Calon Kepala Daerah dan yang lainnya.

Sedangkan untuk Pendaftaran Pasangan Calon Kepala Daerah Kota Sukabumi atau Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi Periode Tahun 2018-2023 ke KPU Kota Sukabumi, akan dimulai pada Bulan Januari 2018 mendatang. Dengan demikian, pada Bulan Februari 2018 mendatang, KPU Kota Sukabumi sudah menetapkan Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi Periode Tahun 2018-2023, sesuai dengan hasil verifikasi.

Anggota KPU Kota Sukabumi, Harlan Awaludin Kahar, A.Md. mengharapkan, dengan telah ditetapkannya jadual dan waktu tahapan pelaksanaan Pilkada Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi Periode Tahun 2018-2023 serta Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Periode Tahun 2018-2023 tersebut, seluruh elemen warga masyarakat Kota Sukabumi, agar mendukung dan menyukseskannya, dengan menyalurkan aspirasi dan hak pilihya pada pelaksanaan pemungutan suara Pilkada tersebut, di TPS (Tempat Pemungutan Suara)-nya masing-masing.