Polres dan DKP3 Lakukan Pemantauan Hewan Ternak, Antisipasi Penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku

Reporter : Arif Hidayat

Polres Sukabumi Kota dan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) melakukan pemantauan dan penyekatan hewan ternak yang masuk ke wilayah Sukabumi. Pada hari Sabtu, 14 Mei 2022, pemantauan ini dilaksanakan di Pasar Hewan dan dipimpin langsung oleh Kapolsek Citamiang, AKP Arif Safta, beserta Kepala DKP3, Andri Setiawan.

Kepala DKP3, menerangkan bahwa, dari dua kali pemantauan yang dilakukan di pasar tersebut, tidak ditemukan adanya hewan yang terjangkit penyakit mulut dan kuku. Namun kewaspadaan harus tetap dimiliki, karena penyakit ini sudah ditemukan menyebar di empat daerah lainnya di Jawa Barat.

Sedangkan Kapolsek Citamiang menjelaskan, pemantauan ini sesuai dengan instruksi Kapolres Sukabumi Kota untuk mewaspadai penyebaran penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak, yang tengah menyebar dibeberapa daerah. Sebagai salah satu bentuk pengawasan, hewan ternak yang masuk ke wilayah Sukabumi, harus memiliki surat keterangan sehat dari dinas terkait diwilayah asal. Selain itu operasional Pasar Hewan dibatasi dari mulai pukul 05.00 pagi hingga pukul 12.00 WIB.

Ia juga menghimbau agar para penjual, tidak melakukan transaksi jual beli hewan diluar area pasar, serta jika ditemukan hewan yang bergejala, segera melapor kepada pihak DKP3.

Leave a Reply