FASILITAS RUANGAN BARU UNIT LUKA BAKAR RSUD R. SYAMSUDIN, S.H. KOTA SUKABUMI SUDAH DIRESMIKAN

Reporter : ENDANG SUMARDI

Fasilitas Ruangan Baru Unit Luka Bakar atau Burn Centre RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) R. Syamsudin, S.H. Kota Sukabumi, dari ruangan lama ke ruangan baru, sudah diresmikan oleh Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Dr. H.M.N. Hanafie Zain, M.Si., tepatnya tanggal 11 Juli 2017, ditandai dengan pengguntingan pita. Karena fasilitas ruangan tersebut, sudah ada sejak 3 tahun yang lalu, tepatnya sejak bulan Juli 2014.

Hadir pada kesempatan tersebut, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Sukabumi, H. Deden Solehudin, S.Ag., M.M., Kepala Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, dr. Hj. Ritanenny Edlien Silyena Mirah, Direktur RSUD R. Syamsudin, S.H. Kota Sukabumi, dr. H. Bahrul Anwar, MKM., serta Paramedis dan para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Dr. H.M.N. Hanafie Zain, M.Si. menjelaskan, RSUD R. Syamsudin, S.H. Kota Sukabumi sebagai rumah sakit rujukan regional untuk wilayah Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cianjur dan sekitarnya, terus berupaya optimal dan berinovasi dalam memberikan pelayanan yang terbaik dan berkualitas kepada warga masyarakat, dengan memenuhi berbagai kebutuhan fasilitas, diantaranya fasilitas ruangan Unit Luka Bakar.

Sedangkan sebelumnya, RSUD R Syamsudin, S.H. Kota Sukabumi ini, sudah membuka pelayanan dan penanganan penyakit jantung, dengan membangun fasilitas ruangan unit Cath Lab, yang memungkinkan warga masyarakat melakukan pemasangan ring jantung, terhadap pasien yang menderita gangguan jantung.

Sementara Direktur RSUD R. Syamsudin, S.H. Kota Sukabumi, dr. H. Bahrul Anwar, MKM. menjelaskan, fasilitas ruangan Unit Luka Bakar ini, khusus untuk pelayanan dan perawatan kepada pasien yang menderita luka bakar, baik yang diakibatkan oleh paparan api dan listrik maupun yang diakibatkan oleh air panas dan bahan kimia.

Dijelaskan pula, pelayanan dan perawatan kepada pasien yang menderita luka bakar ini, akan ditangani secara khusus oleh para perawat yang terlatih dalam melakukan penanganan luka bakar, serta dipimpin langsung oleh dokter ahli bedah plastik, yakni dr. Aryanto Habibie dan para dokter spesialis lainnya yang ada di RSUD R. Syamsudin, S.H. Kota Sukabumi. Adapun fasilitas ruangan Unit Luka Bakar ini, terdiri dari 4 ruangan perawatan pasien, dilengkapi ruangan tunggu bagi para penunggu pasien.