PEMERINTAH KOTA SUKABUMI AKAN MEREALISASIKAN PROGRAM PENGADAAN ANGKOT DENGAN FASILITAS AC

Reporter : ENDANG SUMARDI

Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., selaku Ketua FLLAJ (Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan) Kota Sukabumi menjelaskan, Pemerintah Kota Sukabumi menurut rencana akan merealisasikan program pengadaan Angkot dengan fasilitas AC. Hal tersebut sesuai dengan Permenhub (Peraturan Menteri Perhubungan) RI Nomor 29 Tahun 2015, Tentang Perubahan Atas Permenhub RI Nomor 98 Tahun 2013, Tentang SPM (Standar Pelayanan Minimal) Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum dalam Trayek.

Namun mengenai banyaknya jumlah Angkot yang dilengkapi fasilitas AC di wilayah Kota Sukabumi, seperti dikatakan Wakil Walikota Sukabumi, tergantung kepada kebijakan Dinas Perhubungan Kota Sukabumi dan kesiapan Organda Kota Sukabumi, sebagai organisasi yang membawahi awak dan pengusaha angkutan. Sebab untuk merealisasikan program tersebut, harus ada kesiapan dari kedua belah pihak.

Wakil Walikota Sukabumi mengharapkan, program tersebut dapat direalisasikan di Kota Sukabumi. Karena maksud dan tujuan diterapkannya program tersebut, yakni untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada warga masyarakat, khususnya para penumpang Angkot. Sebab dengan Angkot yang dilengkapi fasilitas AC, para penumpang akan merasa lebih nyaman dan tidak gerah, serta lebih aman karena pintunya ditutup.

Selain itu, seluruh Angkot di Kota Sukabumi, diwajibkan harus menggunakan kaca bening. Maksud dan tujuannya, agar berbagai aktivitas para penumpang di dalam Angkot, dapat dipantau oleh aparat instansi terkait dan warga masyarakat. Dengan demikian, apabila ada hal-hal yang mengancam terhadap keamanan, keselamatan dan kenyamanan para penumpang di dalam Angkot, dapat segera diantisipasi dan ditanggulangi, baik oleh aparat instansi terkait maupun oleh warga masyarakat.

Dalam pada itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Abdul Rachman, A.TD. menjelaskan, pihak Dinas Perhubungan Kota Sukabumi akan berupaya optimal menindaklanjuti sekaligus merealisasikan program pengadaan Angkot dengan fasilitas AC di Kota Sukabumi, sesuai dengan Permenhub RI Nomor 29 Tahun 2015.

Untuk itu, pihak Dinas Perhubungan Kota Sukabumi sudah dan akan senantiasa melakukan koordinasi dengan pihak Organda Kota Sukabumi, terkait tentang rencana dan realisasi program tersebut. Karena program dan kebijakan yang dikeluarkan oleh Menteri Perhubungan RI tersebut, yakni mengatur kewajiban perusahaan angkutan umum untuk memenuhi standar pelayanan minimal, yang meliputi keamanan, keselamatan, kenyamanan, kerjangkauan, kesetaraan dan keteraturan.