BESARAN BANTUAN P2RW MENURUT RENCANA AKAN DITINGKATKAN PADA TAHUN 2018 MENDATANG

Reporter : ENDANG SUMARDI

Asisten Pemerintahan Setda Kota Sukabumi, Drs. H. Andri Setiawan, M.M. menandaskan, besaran bantuan P2RW (Program Pemberdayaan Rukun Warga) dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Kota Sukabumi, menurut rencana akan ditingkatkan pada tahun 2018 mendatang, yakni dari Rp. 17 juta menjadi Rp. 20 juta untuk setiap RW. Karena program tersebut, sejak digulirkan oleh Pemerintah Kota Sukabumi, tepatnya sejak tahun 2014 hingga saat ini, dinilai berhasil oleh berbagai pihak, khususnya dalam meningkatkan partisipasi dan gotong royong warga masyarakat dalam pembangunan di setiap RW di Kota Sukabumi, serta menunjukan grafik peningkatan yang cukup signifikan. Bahkan berdasarkan hasil Monev (Monitoring dan Evaluasi) Tahun 2016, tingkat partisipasi dan gotong royong warga masyarakat dalam pembangunan di setiap RW di Kota Sukabumi, rata-rata mencapai 50 persen lebih.

Oleh karenanya, berdasarkan pertimbangan Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., besaran bantuan program tersebut akan ditingkatkan pada tahun 2018 mendatang. Sebab program tersebut dapat mendorong sekaligus meningkatkan partisipasi dan gotong royong warga masyarakat dalam pembangunan di setiap RW di Kota Sukabumi, serta program tersebut akan senantiasa dipertahankan dan ditingkatkan oleh Pemerintah Kota Sukabumi. Selain itu, juga dapat mempercepat pemerataan pembangunan di wilayah Kota Sukabumi, yang terdiri dari 7 Kecamatan, 33 Kelurahan dan 355 RW. Asisten Pemerintahan Setda Kota Sukabumi mengharapkan, rencana peningkatan besaran bantuan P2RW ini, dapat terwujud dengan baik dan berjalan lancar pada tahun 2018 mendatang.

Sementara Kepala Bagian Tapem (Tata Pemerintahan) Setda Kota Sukabumi, Punjul Saepul Hayat, S.STP., M.Si. menjelaskan, hingga pertengahan tahun 2017, besaran penyerapan bantuan P2RW ini hampir mencapai 100 persen, serta lebih cepat dari tahun-tahun sebelumnya. Dijelaskan pula, setelah proses pencairan bantuan P2RW ini selesai secara keseluruhan, pihak Bagian Tapem Setda Kota Sukabumi beserta pihak instansi dan lembaga terkait lainnya, akan melakukan Monev tentang realisasi P2RW ke setiap RW se Kota Sukabumi. Adapun pelaksanaan Monev tersebut, menurut rencana akan dilaksanakan pada bulan Agustus atau bulan Oktober 2017 mendatang. Karena setiap pengurus RW di Kota Sukabumi, dinilai sudah paham dan terampil dalam melakukan penyusunan proposal, termasuk proses pencairan, pelaksanaan dan pertangungjawaban pengerjaan pembangunan.