BPS Menilai Forum Satu Data Kota Sukabumi Telah Memiliki Kinerja Baik

Reporter : Arif Hidayat

Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Sukabumi melaksanakan sosialisasi satu data yang diikuti oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, pada hari Senin, 26 Juni 2022, di Bappeda. Sosialisasi menghadirkan narasumber BPS Provinsi Jawa Barat,  dan dari Forum Satu Data Kota Sukabumi diantaranya Kepala Bidang Stadiksi Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Eneng Rahmi.

Kepala Bidang Stadiksi Diskominfo pada kesempatan tersebut menjelaskan mengenai capaian statistik sektoral yang pada tahun 2021 telah mencapai 100 persen. Dijelaskan pula bahwa untuk tahun ini, terkait pemenuhan data pada website opendata.sukabumikota.go.id , akan dibentuk operator pada masing – masing OPD, setelah sebelumnya peran operator untuk menginput data dilakukan oleh Diskominfo. Selain itu, hal lain yang tengah digarap adalah interoperabilitas aplikasi, yang akan semakin memudahkan lalu lintas data antar OPD.

Pembentukan operator data disetiap OPD, menurut Erni Agustiani, dari Sekretariat Forum Satu Data Kota Sukabumi, akan didukung dengan perubahan dalam Surat Keputusan Wali Kota mengenai forum tersebut. Kedepannya akan dibentuk tim teknis data pada setiap OPD dan Diskominfo sebagai wali data akan berperan sebagai pengelola.

Sedangkan Kepala BPS Kota Sukabumi, Urip Sugeng Santoso, menilai bahwa Forum Satu Data Kota Sukabumi sudah menunjukkan kemajuan yang berarti, kendati masih ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan, seperti pelibatan instansi vertikal dalam penyediaan data.

2 Comments

  1. kim 28 Juni, 2022 Reply

Leave a Reply