DKP3 Terjunkan Tim Pemantauan Hewan Kurban Menjelang Hari Raya Idul Adha

Reporter : Arif Hidayat

Tim pemantauan hewan kurban yang dibentuk oleh Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi, telah memulai pengawasan sejak tanggal 27 Juni lalu. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala DKP3, Andri Setiawan, saat ditemui dikantornya, pada hari Selasa, 28 Juni 2022.

Dijelaskan lebih lanjut, bahwa dalam pelaksanaan tugasnya, tim akan memantau 131 penyedia hewan kurban yang tersebar diberbagai lokasi di Kota Sukabumi. Pemantauan yang akan berlangsung hingga H + 3 Idul Adha, dilakukan untuk memastikan kelayakan hewan kurban dari berbagai aspek seperti kesehatan.

Sedangkan ketika ditanya terkait Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Kepala DKP3 menerangkan bahwa saat ini tengah dilakukan pemberian vaksin dengan sasaran 300 ekor sapi pada 36 peternakan. Proses vaksinasi yang telah dijadwalkan berlangsung dari tanggal 27 hingga 29 Juni 2022, sesuai dengan arahan Pemerintah Pusat dan Provinsi, dilakukan pada sapi perah dan bibit.

Sejauh ini dari upaya pencegahan penyebaran penyakit tersebut, pihak DKP3 telah mendapati 79 ekor sapi suspek PMK. Adapun tindakan yang telah dilakukan adalah melakukan penyembelihan pada 2 ekor sapi, dan 10 ekor lainnya yang berstatus dipotong bersyarat. Sementara sisanya kini dalam masa pemulihan, dan sebagian telah dinyatakan sehat.

Leave a Reply