DKP3 Latih Warga Kel. Benteng Memanfaatkan Pekarangan

Reporter : Arif Hidayat

Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi, Susiyana, membuka Pelatihan Tematik Pekarangan Pangan Lestari (P2L) dan meresmikan rumah bibit di RW 08 Kelurahan Benteng, pada hari Kamis, 28 Juli 2022.

Lurah Benteng, Tri Hastuti, dalam kesempatan tersebut, menyampaikan bahwa ia menyambut baik digelar pelatihan P2L, karena memiliki berbagai dampak  positif bagi masyarakat, dari mulai pemenuhan kebutuhan pangan mandiri, meningkatkan perekonomian, serta membantu pencegahan stunting dengan penyediaan pangan yang bergizi.

Sedangkan Sekretaris DKP3 mengatakan bahwa kegiatan Pekarangan Pangan Lestari merupakan upaya untuk meningkatkan ketersediaan, aksesibilitas dan pangan rumah tangga sesuai dengan kebutuhan pangan yang Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA), serta berorientasi meningkatkan pendapatan rumah tangga. Pelatihan ini diikuti oleh Kelompok Wanita Tani yang akan membudidayakan berbagai jenis tanaman melalui kebun bibit dan pekarangan rumah.

Ia menambahkan P2L juga merupakan upaya untuk memenuhi kebutuhan sayur – mayur di Kota Sukabumi, ditengah menurunnya luas sawah dan kebun akibat alih fungsi lahan.

Leave a Reply