RUMAH MAK IYAH WARGA KAMPUNG PASIR IPIS RT 5 RW 12 KELURAHAN SUBANGJAYA SUDAH SELESAI DIBANGUN KEMBALI

Reporter : ENDANG SUMARDI

Rumah milik salah seorang Lansia (Lanjut Usia) berusia 70 tahun yang menderita stroke puluhan tahun, Mak Iyah, warga Kampung Pasir Ipis, RT 5 RW 12 Kelurahan Subangjaya, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, sudah selesai dibangun kembali, serta kondisinya lebih sehat dan lebih layak ditempati oleh Mak Iyah beserta kedua anaknya. Adapun kunci rumah tersebut, sudah diserahkan secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Dr. H.M.N. Hanafie Zain, M.Si., termasuk peralatan rumah tangga dan pemasangan jaringan listrik baru, tepatnya tanggal 14 Juli 2017, didampngi Komisioner Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Kota Sukabumi, Drs. H. Muchtar Ubaedillah, Lurah Subangjaya, Fery Munggaran, S.STP., M.AP., serta aparat instansi dan lembaga terkait lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi menjelaskan, dibangunnya kembali rumah Mak Iyah yang berukuran 8 kali 6 meter ini, menggunakan anggaran swadaya masyarakat dan PNS (Pegawai Negeri Sipil) dari sejumlah SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, serta dari Baznas Kota Sukabumi, dengan total anggarannya mencapai Rp. 10 juta, termasuk kepedulian dari Yayasan Sehati Sukabumi, yang sudah membanguan kembali rumah ini dengan sukarela, tanpa mendapatkan bayaran. Sekretaris Daerah Kota Sukabumi mengatakan, apabila mengandalkan program pemerintah, pembangunan kembali rumah ini bisa memakan waktu lama, karena anggarannya harus diajukan terlebih duhulu. Sementara rumah ini harus segera dibangun kembali, sebab kondisinya sudah sangat memperihatinkan dan tidak layak huni.

Dalam pada itu, Lurah Subangjaya, Fery Munggaran, S.STP., M.AP., atas nama keluarga Mak Iyah dan Pemerintah Kelurahan Subangjaya, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak, atas perhatian dan kepeduliannya membangun kembali rumah Mak Iyah ini, sehingga kondisinya lebih layak serta nyaman dan sehat. Hal ini bisa terwujud, berkat kerja sama dan gotong royong dari semua pihak, baik berupa materi maupun berupa tenaga. Diharapkannya, baik materi maupun tenaga yang sudah diberikan oleh semua pihak dalam membangun kembali rumah Mak Iyah ini, senantiasa dijadikan lumbung kebaikan dan amal sholeh, serta mendapat pahala dan balasan berlipat ganda dari Yang Maha Kuasa, Alloh Aza Wa Zalla.