Health Care Without Harm Sosialisasikan Pengurangan Emisi Gas Rumah Kaca Pada Fasilitas Kesehatan

Reporter : Arif Hidayat

Membangun kesadaran dunia kesehatan mengenai perubahan iklim, Health Care Without Harm, Global, Green and Healthy Hospitals (HCWH Global), sebuah organisasi nonprofit internasional yang memiliki kepedulian dalam pengurangan emisi karbon yang dihasilkan oleh pelayanan kesehatan, selama beberapa hari mengadakan sosialisasi dan pelatihan di Kota Sukabumi kepada berbagai pemangku kepentingan dibidang kesehatan, pendidikan, kebudayaan termasuk media.

Member Asia Advisory Council HCWH Global, dr. Suherman, dalam sosialisasi kepada budayawan serta awak media, pada 3 Agustus 2022 di Vila KNK, menjelaskan bahwa kegiatan yang dilakukan pihaknya bertujuan untuk mengajak pengelola rumah sakit menerapkan konsep wawasan lingkungan dalam layanan dan infrastruktur mereka. Hal ini salah satunya didasarkan pada data Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) yang menyatakan bahwa rumah sakit menyumbang 4,1 persen dari total emisi gas rumah kaca didunia.

Dijelaskan juga bahwa kontribusi negatif rumah sakit terhadap lingkungan terdiri dari beberapa hal seperti pengeluaran limbah, serta konsumsi listrik dan air. Melalui sosialisasi dan pelatihan, diharapkan para pengelola rumah sakit, bisa menghitung sendiri emisi gas buang, sehingga melakukan beberapa langkah untuk meminimalisir dampak terhadap lingkungan.

Sosialisasi dan pelatihan yang juga menghadirkan Shweta Narayan selaku Climate and Health Campaigner HCWH Global, dilakukan pula di Dinas Kesehatan pada 2 Agustus 2022 dan diikuti oleh sanitarian serta perwakilan tenaga kesehatan.

Leave a Reply