PERINGATI HUT KE-49 BPJS KESEHATAN AJAK RIBUAN SISWA SD HIDUP SEHAT

Reporter : Ratna Nurseha

Dalam rangka memperingati HUT ke-49, BPJS Kesehatan akan menggelar kegiatan promotif preventif berupa senam massal, edukasi pola hidup sehat, pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan gigi dan THT serta pemberian bantuan secara serentak di 13 SD yang tersebar di seluruh Indonesia pada hari Rabu, 19 Juli 2017. Untuk wilayah Jawa Barat, kegiatan ini akan dipusatkan di SD Negeri Dewi Sartika CBM Kota Sukabumi.

Dalam konferensi pers Pra Kegiatan Hidup Sehat Bersama BPJS Kesehatan di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi, Selasa, 18 Juli 2017, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi, C. Falah Rakhmatiana menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi para pelajar akan pentingnya pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Melalui kegiatan promotif preventif ini para pelajar diharapkan dapat membudayakan pola hidup sehat sejak dini.

“Kami ingin menunjukkan kepada para pelajar SD bahwa hidup sehat itu mudah dan murah. Cukup dengan rajin menggosok gigi, cuci tangan dan senam secara teratur, bisa meningkatkan kebugaran, dan sistem imun sehingga dapat terhindar dari berbagai macam penyakit. Kegiatan ini sejalan dengan prinsip ‘Lebih baik mencegah daripada mengobati’ ” ujarnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat menggugah para pelajar untuk meningkatkan rasa kepedulian, kerelaan membantu sesama dan gotong royong dalam diri mereka.

“Dengan meningkatnya kesadaran generasi muda untuk berperilaku hidup sehat, diharapkan kedepannya jumlah peserta JKN-KIS yang sakit dapat menurun, sehingga pembiayaan pelayanan kesehatan dapat dialokasikan pada program promotif preventif agar masyarakat tetap sehat,” lanjutnya.

BPJS Kesehatan juga mengajak pihak sekolah dan para orang tua siswa dan masyarakat sekitar sekolah dapat turut serta dalam membudayakan perilaku hidup sehat karena usia SD adalah masa anak-anak meniru kebiasaan orang yang lebih dewasa. Oleh karena itu, kegiatan ini akan melibatkan para pelajar, guru, warga sekolah, orangtua siswa dan masyarakat sekitar sekolah.

Adapun kegiatan yang akan dilaksanakan diantaranya senam massal, edukasi perilaku pola hidup sehat, pemeriksaan kesehatan umum bagi siswa SD, pemeriksaan kesehatan THT oleh dokter spesialis THT dan pemeriksaan kesehatan gigi bekerja sama dengan PDGI dan Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, serta pemberian bantuan berupa alat edukasi kesehatan dan peralatan olahraga untuk sekolah di lokus kegiatan.