Rumah Bibit dan Kebun Demplot KWT Azzahra Diresmikan Wali Kota

Reporter : Riksan

Rumah Bibit dan Kebun Demplot Pekarangan Pangan Lestari (P2L) Kelompok Wanita Tani (KWT) Azzahra di Kampung Cicadas Hilir Kelurahan Cikundul diresmikan oleh Wali Kota, Achmad Fahmi, pada hari Rabu, 24 Agustus 2022. Pada peresmian yang dihadiri diantaranya oleh Plt. Camat Lembursitu dan Lurah Cikundul, diserahkan pula bibit cabai sebagai bagian dari Gerakan Tanam Cabai Untuk Kendalikan Inflasi, kemudian beras Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD) bagi warga setempat yang terdampak bencana, serta sertifikat registrasi Pangan Segar Asal Tumbuhan Produksi Dalam Negeri Usaha Kecil.

Ketua KWT Azzahra, Ade Irma, pada kesempatan tersebut menerangkan bahwa rumah bibit seluas 20 meter persegi dan kebun demplot seluas 150 meter persegi dimanfaatkan untuk membudidayakan beberapa jenis tumbuhan seperti terung, cabai dan tomat, yang nantinya akan didistribusikan kepada 30 orang anggota KWT untuk ditanam dipekarangan masing – masing.

Sedangkan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi, Andri Setiawan, menjelaskan bahwa untuk tahun ini, terdapat 13 rumah bibit dan kebun demplot P2L, serta tujuh diantaranya telah diarahkan ke pengembangan perekonomian masyarakat. P2L yang merupakan program pemerintah pusat, memiliki berbagai tujuan seperti meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menjaga ketahanan pangan.

Adapun Wali Kota dalam sambutannya menjelaskan bahwa pekarangan pangan lestari, mempertahankan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B), peningkatan produktivitas pertanian, serta zero food wasting merupakan empat langkah yang tengah diupayakan Pemerintah Kota Sukabumi, dalam menjaga ketahanan pangan. Ia berpesan agar berbagai langkah tersebut membuahkan hasil, semua pihak yang terlibat harus menjaga konsistensi dan komitmen, sehingga upaya yang dilakukan dapat berkesinambungan.

Leave a Reply