SMA NEGERI 3 KOTA SUKABUMI SEBAGAI SALAH SATU NOMINATOR LSS TINGKAT NASIONAL TAHUN 2017

Reporter : ENDANG SUMARDI

SMA Negeri 3 Kota Sukabumi, sebagai salah satu nominator LSS (Lomba Sekolah Sehat) Tingkat Nasional Tahun 2017, serta telah diverifikasi oleh Tim Rechecking LSS Tingkat Nasional Tahun 2017, tepatnya tanggal 18 Juli 2017. Adapun kedatangan Tim Rechecking LSS Tingkat Nasional Tahun 2017 yang berjumlah 4 orang ini, disambut dan diterima secara resmi oleh Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., bertempat di Ruangan Utama Balai Kota Sukabumi.

Hadir dalam kesempatan tersebut, unsur Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) Kota Sukabumi, Ketua TP PKK Kota Sukabumi, para Asisten Daerah dan Staf Ahli Walikota Sukabumi, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait, Camat Cikole, TP UKS (Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah) Kota Sukabumi dan Kecamatan Cikole, serta para tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., menyatakan merasa bangga dan bersyukur, karena SMA Negeri 3 Kota Sukabumi, masuk kembali dalam Penilaian LSS Tingkat Nasional Tahun 2017. Selain itu, Walikota Sukabumi juga menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya, apabila banyak kekurangan dan banyak hal yang kurang berkenan, dalam melakukan penerimaan terhadap Tim Rechecking LSS Tingkat Nasional Tahun 2017 ini.

Dijelaskannya, sejak bulan Januari 2017 yang lalu, SMA dan SMK di Kota Sukabumi, kewenangannya secara adminitrasi sudah menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Namun demikian, Walikota Sukabumi merasa yakin dan percaya, bahwa para Kepala SMA dan SMK di Kota Sukabumi beserta jajarannya, tetap melaksanakan Visi Pembangunan Kota Sukabumi, yakni Terwujudnya Kota Sukabumi Sebagai Pusat Pelayanan Berkualitas Bidang Pendidikan, Kesehatan dan Perdagangan di Jawa Barat Berlandaskan Iman dan Taqwa.

Dijelaskan pula, Pemerintah Kota Sukabumi tetap fokus dalam dunia pendidikan, khususnya dalam kegiatan LSS. Karena kegiatan tersebut sesuai dengan Visi Pembangunan Kota Sukabumi, serta dapat berdampak secara positif kepada para pelajar di Kota Sukabumi, khususnya dalam membiasakan dan meningkatkan pola hidup bersih dan sehat, baik di lingkungan sekolahnya maupun di lingkungan rumahnya masing-masing.

Sementara Ketua Tim Rechecking LSS Tingkat Nasional Tahun 2017, Agus Suharyanto, M.A. menjelaskan, dalam pelaksanaan LSS Tahun 2017 ini, masih melanjutkan program sebelumnya, yakni dibagi dalam 2 kategori pemenang, yang terdiri dari juara 1, 2 dan 3 kategori sekolah dengan kinerja terbaik atau best performance, serta juara 1, 2 dan 3 kategori sekolah dengan pencapaian terbaik atau best achievement. Adapun LSS Tahun 2017 ini, diikuti oleh 90 sekolah, perwakilan dari 26 provinsi serta 47 kabupaten dan kota se Indonesia, dan sudah dilakukan penilaian dalam 3 tahap, tepatnya dari bulan Maret 2017 sampai dengan bulan Mei 2017.

Dijelaskan pula, setelah dilakukan pengolahan data dan observasi di lapangan, hasilnya mengerucut menjadi 32 sekolah, yang berasal dari 21 provinsi se Indonesia. Sedangkan maksud dan tujuan dilakukannya verifikasi terhadap para nominator LSS ini, yakni untuk melihat kesesuaian antara data dengan hasil observasi dan fakta di lapangan, hasil penilaian yang dilakukan oleh Tim Penilai LSS sebelumnya.