PEMANDIAN AIR PANAS CIKUNDUL MERUPAKAN SALAH SATU DESTINASI WISATA KOTA SUKABUMI

Reporter : ENDANG SUMARDI

Pemandian Air Panas Cikundul tepatnya yang beralamat di Jalan Proklamasi Nomor 242 Kelurahan Cikundul, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi, merupakan salah satu destinasi wisata Kota Sukabumi, yang hingga saat ini masih diminati oleh warga masyarakat, baik dari dalam maupun dari luar Kota Sukabumi. Buktinya berdasarkan data yang ada di Disporapar (Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata) Kota Sukabumi, jumlah warga masyarakat yang berkunjung ke Pemandian Air Panas Cikundul ini, dalam setiap tahunnya senantiasa menunjukkan peningkatan, yakni antara 2 sampai dengan 5 persen.

Untuk itu, seperti dijelaskan Kepala Bidang Pariwisata Disporapar Kota Sukabumi, Ir. Yudi Yustiawan, S.T., M.T., berbagai penataan dan pengembangan pun terus dilakukan, seperti wahana rafting atau arung jeram dan wahana paint ball atau wahana permainan. Adapun penataan dan pengembangan yang baru dilaksanakan, yakni pembangunan rumah pohon, untuk para pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam di sekitar pemandian ini dari atas pohon, sekaligus untuk berfoto-foto. Sedangkan fasilitas lainnya yang sudah ada di Pemandian Air Panas Cikundul ini, diantaranya satu kolam air panas dan satu kolam air dingin, serta beberapa cottage dan kolam rendam.

Menyinggung harga tiket masuk ke Pemandian Air Panas Cikundul ini, menurut Kepala Bidang Pariwisata Disporapar Kota Sukabumi sangat murah dan terjangkau oleh warga masyarakat, yakni untuk dewasa Rp. 3 ribu dan untuk anak-anak Rp. 2 ribu. Sedangkan untuk para pengunjung yang ingin menggunakan fasilitas kolam air panas dan air dingin, tarifnya hanya Rp. 8 ribu untuk dewasa dan Rp. 6 ribu untuk anak-anak. Selanjutnya bagi para pengunjung yang ingin menggunakan fasilitas kolam rendam, tarifnya Rp. 30 ribu per jam, serta untuk sewa cottage tarifnya Rp. 110 ribu pada hari biasa, dan Rp. 125 ribu pada hari libur per 12 jam.

Ditandaskannya, dengan adanya Pemandian Air Panas Cikundul ini, dapat meningkatkan perekonomian warga masyarakat di sekitarnya, dengan berjualan berbagai jenis makanan dan minuman, serta kerajinan tangan. Ditandaskan pula, untuk lebih meningkatkan daya tarik bagi warga masyarakat untuk senantiasa berkunjung ke Pemandian Air Panas Cikundul ini, Disporapar Kota Sukabumi senantiasa menyelanggarakan pagelaran seni dan budaya, melibatkan komunitas seni dan budaya di Kota Sukabumi, tepatnya pada setiap Malam Minggu, serta bagi warga masyarakat yang ingin menyaksikan pagelaran tersebut tidak dipungut biaya alias gratis.

Disamping itu juga ditandaskan, sebenarnya Pemandian Air Panas Cikundul yang dibangun di atas lahan seluas 4,1 hektar dan berada di pinggir Sungai Cimandiri ini, sudah dikenal ke mancanegara. Namun untuk lebih dikenal lagi, untuk ke depannya Disporapar Kota Sukabumi akan membuat website dan aplikasi android, untuk mempublikasikan sekaligus memberikan kemudahan akses informasi kepada para wisatawan terutama dari luar Kota Sukabumi, khususnya yang ingin berkunjung ke Pemandian Air Panas Cikundul.