PEMERINTAH KABUPATEN DAN KOTA DIBERI KEWENANGAN MELAKUKAN PENGELOLAAN BIDANG PERTANIAN

Reporter : ENDANG SUMARDI

Seperti diungkapkan Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., Pemerintah Kabupaten dan Kota diberi kewenangan oleh undang-undang, untuk melakukan pengelolaan dalam bidang pertanian, perhubungan, pekerjaan umum, kependudukan, pencatatan sipil dan sebagainya, yang semuanya menuntut komitmen dan profesionalisme dari seluruh ASN (Aparatur Sipil Negara). Sebab ASN memiliki peran, tugas dan fungsi yang sangat penting dalam melakukan proses dan melaksanakan pembangunan nasional, serta diberikan kewenangan, baik dalam hal melakukan pengelolaan anggaran maupun dalam hal melakukan pengelolaan manajemen sumber daya lainnya.

Namun demikian, seluruh ASN khususnya di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi harus menyadari, bahwa dalam melakukan pendekatan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan, dewasa ini sudah jauh berubah, yakni dari yang semula melalui pendekatan kekuasaan menjadi pendekatan yang lebih mengedepankan pada pendekatan pelayanan. Adapun pendekatan pelayanan yang harus senantiasa dilaksanakan oleh setiap ASN, yakni harus lebih berorientasi pada kepentingan masyarakat, serta dalam melakukan proses dan melaksanakan pelayanan harus cepat dan tepat waktu, prosedur yang sederhana dan tidak berbelit-belit, biaya yang terjangkau dan senantiasa berorientasi pada penyelesaian masalah.

Tapi perubahan paradigma birokrasi yang melayani di lapangan, tidak selalu berbuah manis, karena banyak masyarakat yang tidak sabar serta ingin selalu cepat dilayani. Hal tersebut terjadi, karena minimnya budaya antri di kalangan masyarakat, serta kurangnya pemahaman terhadap proses dan prosedur pelayanan. Oleh karenanya, dalam melakukan perubahan kultur birokrasi ini, tidak bisa terlepas dari perubahan kultur masyarakat secara keseluruhan, serta birokrasi yang senantiasa melayani akan tumbuh dalam masyarakat yang saling menghargai, tertib dan taat pada aturan.

Walikota Sukabumi merasa yakin, bahwa birokrasi pemerintah yang senantiasa melayani dan memberikan kepuasan kepada publik, akan mampu rnengubah kultur masyarakat menjadi lebih baik. Sebab masyarakat akan menyesuaikan diri dengan prosedur dan aturan yang berlaku, apalagi aturannya yang sangat berpihak dan memberi kemudahan kepada masyarakat.

Untuk itu, Walikota Sukabumi mengajak kepada seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, selaku aparatur pelayan masyarakat, agar senantiasa berupaya optimal memberi pelayanan yang terbaik, mampu menyederhanakan aturan, cepat dan tepat waktu, serta selalu menjadi bagian dari solusi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Selain itu, Walikota Sukabumi meminta kepada setiap ASN di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, agar senantiasa berupaya optimal melaksanakan tugas pekerjaan serta meraih prestasi terbaik, yang dapat membanggakan semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat Kota Sukabumi.