Tingkatkan Jumlah Koperasi Aktif, Diskumindag Kembali Menggelar Pelatihan

Reporter : Arif Hidayat

Sebanyak 30 orang anggota dari berbagai koperasi selama tiga hari mengikuti pelatihan yang diadakan oleh Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (Diskumindag) Kota Sukabumi. Pelatihan yang mengangkat tema mengenai pengelolaan koperasi dibuka secara resmi oleh Wali Kota, Achmad Fahmi, pada hari Selasa, 20 September 2022 di Hotel Horison.

Dalam sambutannya saat membuka pelatihan, Wali Kota mengatakan bahwa pembinaan terhadap koperasi merupakan salah satu kewajiban Pemerintah agar mereka bisa terus mengembangkan diri dan mensejahterakan anggotanya.

Sementara itu Kepala Diskumindag Kota Sukabumi, Ayi Jamiat, menerangkan bahwa narasumber dalam pelatihan ini berasal dari Balai Diklat Provinsi Jawa Barat, Kementerian KUKM dan praktisi, yang akan membagikan wawasan mengenai pengelolaan koperasi.

Ia juga menjelaskan pelatihan ini dilaksanakan karena berdasarkan analisa yang dilakukan pihaknya, terdapat beberapa permasalahan yang sering timbul dalam pengelolaan koperasi, diantaranya anggota yang kurang aktif. Hal ini menjadi salah satu penyebab rendahnya jumlah koperasi yang aktif mengadakan Rapat Anggota Tahunan (RAT), karena kurangnya pengawasan anggota terhadap kinerja koperasi.

Leave a Reply