BPS Menggelar Rakor Dengan Pemkot Sukabumi, Persiapan Pendataan Registrasi Sosial Ekonomi

Reporter : Arif Hidayat

Wali Kota, Achmad Fahmi, membuka kegiatan rapat koordinasi pendataan awal registrasi sosial ekonomi yang diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Sukabumi, pada hari Kamis, 22 September 2022 di Hotel Balcony. Rapat tersebut diikuti diantaranya oleh para camat dan lurah serta jajaran Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Sukabumi.

Saat membuka jalannya rapat, Wali Kota mengharapkan pendataan yang akan dilakukan oleh BPS, mampu menyajikan informasi valid dan terintegrasi mengenai keadaan sosial ekonomi masyarakat, yang dapat digunakan dalam perencanaan pembangunan wilayah.

Ia menekankan bahwa data tersebut harus dapat menggambarkan situasi terbaru, karena dinamika sosial ekonomi masyarakat mengalami beberapa perubahan akibat terjadinya pandemi covid – 19 dan naiknya harga BBM.

Sedangkan Kepala BPS Kota Sukabumi, Urip Sugeng Santoso, menerangkan bahwa keterlibatan aparat wilayah termasuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sangat diperlukan, karena dalam pendataan awal pihaknya membutuhkan sekitar 514 petugas yang diantaranya merupakan petugas lapangan sebanyak 410 orang. Adapun tujuan dari pendataan adalah membangun basis data sosial ekonomi yang terintegrasi se – Indonesia.

Leave a Reply