Data Calon Penerima Bantuan STB Sedang Diverifikasi

Reporter : Arif Hidayat – Riksan

Pemerintah Kota Sukabumi melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), telah menerima data calon penerima bantuan Set Top Box (STB) dari Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, untuk diverifikasi. Kepala Diskominfo, Rahmat Sukandar, yang ditemui dikantornya pada 22 September 2022, menerangkan bahwa proses verifikasi tersebut kini tengah dilakukan dengan melibatkan aparat kecamatan dan kelurahan.

Ia menambahkan bahwa proses verifikasi diperlukan untuk memeriksa beberapa hal seperti kecocokan alamat dan status calon penerima bantuan dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Berdasarkan data yang dikirimkan oleh Kementerian Dalam Negeri terdapat 12.309 calon penerima bantuan STB di tujuh kecamatan se – Kota Sukabumi.

Sebelumnya dalam rangka mendukung kelancaran verifikasi, Diskominfo telah menggelar rapat koordinasi pada 15 September lalu yang melibatkan beberapa pihak dari mulai aparat kecamatan serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Adapun untuk proses penyaluran bantuan STB tersebut, akan melibatkan pula Kantor Pos.

Ia mengharapkan melalui proses verifikasi yang ditargetkan selesai pekan depan, penyaluran bantuan bisa berjalan dengan baik dan tepat sasaran, untuk mendukung peralihan siaran TV analog ke digital, yang dijadwalkan mulai berlaku diwilayah Sukabumi pada bulan November mendatang.

Leave a Reply