Dinsos Akan Memfasilitasi Para Badut Jalanan Untuk Mendapatkan Pelatihan Usaha

Reporter : Arif Hidayat

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Sukabumi, Punjul Saepul Hayat, mengatakan bahwa pihaknya siap memfasilitasi para badut jalanan, pengamen dan anak jalanan yang sebelumnya terjaring dalam kegiatan penjangkauan, untuk mendapatkan pelatihan bahkan modal usaha. Hal tersebut disampaikannya saat ditemui dikantornya pada 23 September 2022.

Ia juga menyampaikan bahwa dari kegiatan penjangkauan yang dilaksanakan pada tanggal 13 dan 16 September 2022 dan melibatkan beberapa pihak seperti BPBD dan Tagana, para badut jalanan, pengamen dan anak jalanan yang berstatus warga Kota Sukabumi, rata – rata telah mendapatkan perlindungan sosial seperti memperoleh bantuan sosial bahkan bantuan usaha. Namun ditengarai karena mudahnya mencari nafkah dijalanan, akhirnya mereka kembali menekuni profesi tersebut.

Ia menegaskan bahwa kegiatan penjangkauan tersebut dilakukan untuk mengajak mereka keluar dari siklus hidup jalanan dan menjalani kehidupan yang lebih baik. Fasilitasi yang dilakukan oleh Dinsos  sebelumnya telah dilakukan, bahkan menurutnya cukup banyak yang telah berhasil meninggalkan profesi mereka dijalanan.

Leave a Reply