DKP3 Lakukan Pembinaan dan Pendataan Pelaku Usaha PSAT

Reporter : Arif Hidayat

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi melaksanakan pembinaan dan pendataan pelaku usaha Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT), pada hari Selasa, 27 September 2022, bertempat diaula kantor.

Kepala DKP3 Kota Sukabumi, Andri Setiawan, mengatakan bahwa kegiatan ini diperlukan karena pihaknya perlu memetakan pelaku usaha PSAT sehingga memudahkan pengawasan dan pembinaan diberbagai tingkatan, dengan tujuan untuk menjaga mutu dan keamanan pangan.

Ia menambahkan sasaran dari kegiatan ini adalah mewujudkan para pelaku usaha yang memahami dan menerapkan standar keamanan dan mutu pangan. Pada kegiatan ini disosialisasikan pula mengenai perizinan dibidang pangan seperti izin edar pangan segar asal tumbuhan produksi dalam negeri, izin rumah pengemasan, sertifikat penerapan penanganan yang baik pangan segar asal tumbuhan (SPPB-PSAT), dan registrasi pangan segar asal tumbuhan (PSAT) produksi dalam negeri usaha kecil (PSAT-PDUK).

Sejauh ini menurutnya, telah terdata sebanyak 40 pelaku usaha yang memiliki izin edar pangan dan pihak DKP3, seperti ditegaskannya, akan memfasilitasi setiap pelaku usaha PSAT untuk mendapatkan perizinan yang diperlukan.

Leave a Reply