KPA KOTA SUKABUMI KEMBALI MENGADAKAN ROADSHOW KE SEKOLAH-SEKOLAH

Reporter : ENDANG SUMARDI

KPA (Komisi Penanggulangan AIDS) Kota Sukabumi, kembali mengadakan roadshow ke sekolah-sekolah atau KPA Go To School, dalam kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) bagi siswa baru tahun pelajaran 2017-2018 di Kota Sukabumi, yang dimulai dari tanggal 17 sampai dengan 22 juli 2017. Kegiatan tersebut merupakan tahun ke 3 bagi KPA Kota Sukabumi, serta jumlah sekolah yang dikunjungi lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya, yakni mencapai 64 sekolah, yang terdiri dari 45 SMA, SMK dan MA serta 19 SMP dan MTs.

Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., selaku Ketua KPA Kota Sukabumi mengatakan, maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut, diantaranya untuk memberikan edukasi pengetahuan dasar tentang HIV-AIDS, kepada para siswa baru tahun pelajaran 2017-2018 di Kota Sukabumi. Sebab tugas KPA Kota Sukabumi saat ini sangat berat, karena dalam 2 tahun terakhir ini ditemukan kasus HIV di kalangan remaja, kendati jumlahnya tidak terlalu signifikan. Namun hal tersebut, menjadi tugas berat bagi KPA Kota Sukabumi, untuk mencegah dan menanggulanginya.

Selain itu juga dikatakan, potret pelajar di Kota Sukabumi dan sekitarnya, saat ini sangat memprihatinkan, mulai dari kasus tawuran, gaya pacaran di luar batas, perilaku seks bebas serta penyalahgunaan narkoba dan obat-obatan terlarang. Dikatakan pula, dengan adanya gambaran dan potret tersebut, para pelajar di Kota Sukabumi dan sekitarnya sangat rentan tertular virus HIV-AIDS. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, merupakan tugas dan tanggung-jawab semua pihak, yakni pemerintah, instansi dan lembaga terkait serta warga masyarakat, khususnya para guru serta para orang tua dan siswa. Lebih lanjut Wakil Walikota Sukabumi menjelaskan, sampai dengan bulan Juni 2017 ini, sudah ditemukan sebanyak 61 kasus baru HIV-AIDS, diantaranya sebanyak 19 orang warga masyarakat Kota Sukabumi, dan secara kumulatif, jumlah kasus HIV-AIDS di Kota Sukabumi saat ini sudah mencapai 1.137 kasus.

Sementara Pengelola Program KPA Kota Sukabumi, Yanti Rosdiana menambahkan, kegiatan roadshow ke sekolah-sekolah atau KPA Go To Schoo tahun ini, selain didukung oleh Dinas P dan K serta BP3 Wilayah 1 Jawa Barat, juga didukung oleh Dinas Kesehatan, DP2KBP3APM, Lapas, PKM, RSUD, Lensa, PMI, Yayasan Cahaya Anak Bangsa, Kampus Peduli AIDS dan Santa Sea. Dijelaskannya, dalam kegiatam tersebut, KPA Kota Sukabumi mencoba mengadakan zero survey, dengan memberikan pertanyaan dasar tentang HIV-AIDS kepada seluruh siswa, sekaligus untuk mengukur pengetahuan para siswa terkait informasi HIV-AIDS.